Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Dahulukan Empat Vendor Ini Ketika Merencanakan Pernikahan

JAKARTA, KOMPAS.com – Tak sedikit calon pengantin dilanda panik menjelang hari pernikahan karena kurangnya perencanaan yang matang. Padahal, kepanikan bisa diatasi dengan persiapan yang matang bahkan sejak pernikahan baru saja direncanakan.

Salah satu caranya adalah dengan memilih vendor utama terlebih dahulu untuk mempermudah perencanaan.

Chief Operating Officer Weddingku, Reza Paramita menyebutkan, empat vendor utama yang harus ditunjuk sejak awal adalah wedding organizer, perias wajah, MC, dan fotografer.

Agar lebih nyaman, persiapan pernikahan juga diatur sejak enam hingga 12 bulan sebelum pesta pernikahan.

“Kalau mau pakai wedding organizer, tunjuk itu dulu. WO memang banyak tapi kan cocok-cocokan. Personality orang kan macam-macam, bisa cocok, tidak cocok,” kata Reza di sela penyelenggaraan Indonesia Dream Wedding Festival di Jakarta Convention Center, Jakarta Pusat, Jumat (25/1/2019).

Apalagi, kata dia, perencanaan pernikahan bisa berlangsung sekitar enam bulan. Sehingga kecocokan antara klien dan wedding organizer sangat diperlukan.

Setiap perias juga hanya bisa mengerjakan satu orang klien dalam satu hari, sehingga idealnya tidak ditunjuk secara mendadak.

“Beda dengan, misalnya, dekorasi. Kelihatannya memang besar tapi satu hari tiga klien kan bisa. Seorang decorator kan tidak pasang bunga sendirian,” tuturnya.

Sama halnya dengan fotografer dan MC. Masing-masing memiliki karakter dan tidak bisa digantikan jika yang bersangkutan tidak bisa.

Sementara vendor lainnya bisa menyusul.

“Baju, misalnya, untuk wanita semua yang menempel di badan itu penting. Baju kan seminggu sebelumnya pasti sudah jadi. Dan seorang desainer satu hari bisa bikin beberapa karena bikinnya tiga bulan sebelumnya bisa," paparnya.

"Kalau makeup artist dia hanya bisa kerja hari itu jam 6 pagi. Kan enggak mungkin makeup nya disimpan. MC, WO, fotografer sama,” ucap Reza.

https://lifestyle.kompas.com/read/2019/01/26/120951820/dahulukan-empat-vendor-ini-ketika-merencanakan-pernikahan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke