Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Enam Alasan Sederhana Mengapa Diet Selalu Gagal

Tak perlu berputus asa, sebab mungkin saja enam faktor berikut menjadi alasan mengapa diet yang kamu lakukan tak kunjung mengantarmu ke target penurunan berat badan yang sehat:

1. Tidak mengkonsumsi bahan makanan alami

Ketika diet, cobalah hindari konsumsi makanan olahan dan instan. Sebagai gantinya kamu bisa menambahkan serelia utuh seperti oat atau pun sumber serat lainnya untuk menjaga perut tetap kenyang dan mencegahmu mengkonsumsi makanan ringan tidak sehat.

2. Tak bisa mengontrol makan pada periode "cheating"

Setelah menjalani diet yang cukup panjang, kita tentu boleh merayakannya dengan satu "cheat day" atau hari dimana kita tidak menjalani pola diet tersebut.

Namun, cheat day tersebut menjadi salah jika kita tidak bisa mengontrol diri untuk makan banyak makanan tidak sehat. Seperti makanan cepat saji atau dessert yang tidak sehat.

Berlakukan hari bebas makan itu hanya ketika kamu berhasil mencapai target kebugaran tertentu dan terapkan pola diet ketat pada periode yang lama.

Selain itu, jangan lupa mempertimbangkan porsi makan pada cheat day. Jangan sampai kamu mengkonsumsi makanan berlebihan karena kelebihan kalori akan merusak segala usahamu.

3. Minum minuman tinggi gula

Jus buah kemasan dan minuman olahraga berpotensi mengandung gula dalam jumlah besar yang tidak baik untuk segala jenis fiet penurunan berat badan.

Segelas jus buah kemasan bahkan bisa mengandung gula sejumlah satu buah utuh, tanpa kandungan serat dan nutrisi yang seharusnya ada.

4. Tidak minum cukup air

Menjaga tubuh tetap terhidrasi adalah aturan pertama yang harus dipatuhi jika ingin menurunkan berat badan.

Minumlah air sebelum makan dan meminumnya secara rutin sepanjang hari. Kebiasaan ini akan membuatmu tetap kenyang, meningkatkan metabolisme dan membersihkan racun-racun di dalam tubuh.

5. Tidak memerhatikan waktu makan

Kamu mungkin saja sudah menerapkan pola makan sehat. Namun, jika kamu kerap mengkonsumsi makanan pada jam-jam di luar waktu makan, dietmu bisa saja gagal.

Hindari makan malam terlalu larut dan jangan melewatkan waktu makan. Sebagai tambahan, mengkonsumsi cemilan sehat bisa mencegah perutmu terlalu lapar di jam-jam makan besar.

6. Terlalu banyak konsumsi alkohol

Minuman beralkohol sebenarnya juga mengandung gula dan tentunya tinggi kalori.

Jangan terburu-buru

Ingatlah bahwa upaya penurunan berat badan tidak akan menunjukkan hasil dalam waktu singkat. Kamu harus sabar menjalaninya dalam waktu beberapa bulan.

Idealnya, pola diet tidak terlalu ketat karena akan berbahaya bagi tubuh untuk periode panjang.

Konsultasi lah dengan ahli gizi dan nutrisi teregistrasi untuk mencapai hasil yang maksimal.

https://lifestyle.kompas.com/read/2019/02/01/080049920/enam-alasan-sederhana-mengapa-diet-selalu-gagal

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke