Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ivan Gunawan Angkat Karakter Doraemon dalam Koleksi "Kuroba"

Karakter kartun robot kucing asal Jepang ini dikenal hampir seluruh orang di dunia dari berbagai usia, termasuk di Indonesia.

Penggemar Doraemon pun bertahan sejak awal kemunculannya di Tanah Air hingga saat ini.

Seiring dengan perkembangan dunia mode yang semakin pesat, Doraemon pun mulai memasuki level high fashion yang membidik pasar remaja dan dewasa.

Untuk di Indonesia, pemegang lisensi tunggal Doraemon adalah PT Berkat Animasi Internasional Indonesia atau AI Indonesia.

Direktur AI Indonesia, Irma K. Tegoeh menyampaikan, kali ini Doraemon berkolaborasi dengan sejumlah seniman Tanah Air, untuk semakin melekatkan karakternya dengan masyarakat Indonesia.

Koleksi kolaborasi tersebut dipamerkan dalam peragaan busana Modo (Mode Doraemon) 2019 yang akan ditampilkan pada 13-14 Februari 2019 di Atrium Grand Indonesia, Jakarta.

Menurut Irma, desain yang ditampilan sangat beragam.

Tidak hanya busana kasual dan sporty, tapi juga berkolaborasi dengan beberapa merek lokal, bahkan menuangkan kreasi ke dalam busana couture.

"Ini jadi api inspirasi untuk menghidupkan karakter Doraemon dan mendekatkan dengan para penggemarnya lewat elemen mode," kata Irma dalam konferensi pers, Rabu (13/2/2019).

Salah satu desainer yang diajak berkolaborasi adalah Ivan Gunawan.

Ivan akan membawakan 30 koleksi busana yang diberi nama "Kuroba".

Kuroba bermakna "sayap hitam", bentuk imajinasi Ivan terhadap sosok Doraemon yang mampu berjaya dalam waktu yang sangat lama.

Meski membuat koleksi busana yang terinspirasi dengan karakter Doraemon, namun Ivan berusaha untuk tetap menampilkan koleksi busana dengan tampilan yang elegan, mapan, dan mewah.

"Jadi sosok Doraemon menempel di baju saya tapi look-nya tetap edgy dan elegant. Yang pasti potongannya timeless," tutur Ivan.

Koleksi Ivan kali ini dibagi menjadi beberapa karakter busana.

Pada sesi pertama, karakter Doraemon dan kawan-kawan ditampilkan dalam bentuk siluet, menjadi motif bahan yang dicetak secara khusus.

Koleksi yang didominasi dress, long coat, dan blazer ini menggunakan beragam bahan seperti katun, silk, dan mika serta memiliki ciri khas warna nude, hitam, dan putih.

Ditampilkan pula beberapa koleksi busana pria Jepang dengan potongan busana lurus, longgar, dan bertumpuk khas harajuku.

"Lebih ke Japanese men streetwear. oversize, layering, dan freestyle dengan ornamen yang nyeleneh," kata Ivan.

Sementara pada sesi berikutnya, karakter Doraemon akan ditampilkan dalam bentuk yang lebih halus sehingga memberi kesan sophisticated, dan elegan.

Koleksi didominasi tekstil polos modern, seperti mikado, brokat, tulle, velvet, hingga netting dalam nuansa warna hitam dan putih.

"Ini imajinasi saya. Baju yang wow, extravagant namun Doraemon tetap bisa 'nyempil'," kata Ivan.

Ada pun pada koleksi kali ini Ivan juga berkolaborasi dengan desainer aksesori ternama Rinaldy Yunardi.

Misalnya ketika memunculkan ciri khas Doraemon dimunculkan dalam bentuk topi dengan balik-baling dan lonceng yang sangat berciri khas.

Ivan menggarap koleksi Kuroba selama satu tahun lamanya.

Menurut dia, ada rangkaian konsep yang harus dipikirkan secara matang hingga mengimplementasikannya ke dalam pilihan warna, motif, dan detail yang akan disuguhkan.

Apalagi, Doraemon merupakan karakter kartun yang sudah memiliki image yang sangat lekat.

"Sudah ada pakemnya. Jadi bagaimana saya meletakkan karakter tersebut pada baju saya, tapi saya tidak mau look-nya terlalu kartunis dan anak-anak," tutur dia.

Ivan mencontohkan rumah mode Moschino yang juga kerap memasukkan karakter anak-anak ke dalam koleksinya, tanpa terkesan terlalu kekanak-kanakan.

Ada pun koleksi Doraemon x Ivan Gunawan adalah bagian dari Peragaan Busana Modo 2019 yang dilangsungkan pada 13-14 Februari 2019 di Atrium Grand Indonesia, Jakarta.

Peragaan busana disusul dengan koleksi Jii by Gloria Agatha dan Monday to Sunday pada sesi kedua di tanggal 13 Februari.

Sementara pada 14 Februari, akan ditampilkan koleksi dari Third Day, 3 Mongkis dan Harajuku X Hannie Hananto.

https://lifestyle.kompas.com/read/2019/02/13/194245620/ivan-gunawan-angkat-karakter-doraemon-dalam-koleksi-kuroba

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke