Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

4 Trik Efektif Mendapatkan Perut Six Packs

KOMPAS.com - Memiliki perut six packs bukanlah hal yang mudah. Diperlukan kombinasi olahraga membakar lemak, nutrisi berkualitas dan olahraga perut.

Founder Famous Woodshed gym di Melbourne, Sam Wood mengatakan, dirinya mencoba menggabungkan olahraga yang fokus pada dua otot perut ke dalam rutinitas olahraganya dan memastikan olahraga lainnya fungsional.

Menurut Wood, untuk memiliki perut six packs kita harus memastikan melatih perut dengan empat cara.

Empat cara yang dimaksud adalah melenturkan batang tubuh, mengangkat kaki, memutar batang tubuh, dan menahan batang tubuh terhadap resistensi.

Untuk memastikan perut atas, bawah, samping, dan dalam terlatih, ada beberapa jenis rutinitas latihan yang perlu kamu lakukan:

1. Menambah latihan HIIT

Latihan interval intesitas tinggi (HIIT) memiliki efek metabolik yang sangat baik dan akan menjaga tubuh untuk terus membakar lemak, bahkan setelah sesi latihan selesai.

Sehingga, kata Wood, HIIT adalah cara yang sangat baik untuk menghilangkan lemak berlebih di bagian-bagian tubuh yang membandel.

2. Mengurangi asupan karbohidrat

Karbohidrat bukanlah musuh, namun jika dikonsumsi dalam jumlah moderat. Jika kamu ingin memiliki perut yang ideal bahkan six packs, penting untuk memerhatikan pola makan dan fokus mengurangi karbohidrat olahan dan gula rafinasi.

3. Fokus pada jendela 8:16

Konsumsilah makanan alami bernutrisi selama 8 jam per hari dan berpuasa pada 16 jam sisanya.

"Ini adalah cara untuk mencegah kebiasaan ngemil, terutama ngemil di tengah malam yang menjadi musuh utama perut six packs," kata Wood.

4. Istirahat dan pemulihan

Kurang istirahat dan tidak memiliki cukup waktu untuk pemulihan bisa merusak kerja hormon dan membuat pembakaran lemak dalam tubuh tidak berjalan secara efisien.

Setidaknya, luangkan satu hari istirahat setiap minggunya di tengah rutinitas olahragamu. Jangan lupa pula untuk melakukan pemanasan dan pendinginan sebelum dan sesudah olahraga, manajemen stres, memprioritaskan tidur, dan kamu siap untuk sukses memiliki perut six packs.

Otot perut yang kuat lebih dari sekadar memiliki perut indah untuk dipamerkan ketika menggunakan pakaian terbuka.

Memiliki otot perut yang kuat idealnya juga mampu memberikan beragam manfaat. Mulai dari memberikan postur dan keseimbangan tubuh, mengurangi risiko sakit punggung dan cedera terkait.

Wood juga mengingatkan agar kita tak menghabiskan waktu hanya dengan melakukan sit up.

"Ingatlah bahwa kita perlu meluruhkan lemak tubuh secara keseluruhan untuk mengungkap otot di balik lemak perut," ujarnya.


https://lifestyle.kompas.com/read/2019/02/18/063722120/4-trik-efektif-mendapatkan-perut-six-packs

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke