Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Untuk Rasa Terbaik, Jangan Simpan Cokelat di Freezer

Ternyata, menurut chef Alain Ducasse kebiasaan itu salah. Chef yang mendapat 3 bintang Michelin ini baru saja membuka toko cokelat di London, Inggris.

"Menyimpan cokelat di freezer harus dihindri. Cokelat sebaiknya disimpan dalam suhu antara 15 derajat celcius dan 18 derajat celcius, dalam tempat kering," kata Ducasse.

Ia menambahkan, suhu terbaik untuk menikmati cokelat adalah sekitar 20 derajat celcius.

"Untuk ganache (cokelat isian cake dan pastry) harus dikonsumsi paling lama tiga minggu. Cokelat praline maksimal empat minggu, dan cokelat batangan bisa disimpan beberapa bulan," kata pemilik 40 restoran ini.

Managing Director Le Chocolat Alain Ducasse, Damien Couliou, menjelaskan mengapa suhu ruang sangat optimal untuk mengasup cokelat.

"Kalau terlalu dingin air akan mengembun dan cokelatnya memutih. Kalau terlalu panas, lebih dari dari 20 derajat celcius, cokelatnya meleleh dan lembek," kata Couliou.

Menurutnya, saat terjadi kondensasi, air akan bereaksi pada skala mikroskopis dengan gula yang terdapat dalam cokelat dan permukaannya mengkristal. Sehingga warnanya memutih.

"Air yang mengembun itu memang tidak memengaruhi rasa cokelat, hanya penampakannya saja," katanya.

Jadi, jika kamu ingin warna cokelat tidak berubah, jangan simpan di dalam tempat terdingin di kulkas dan segeralah konsumsi tak lebih dari satu bulan sejak dibeli.

https://lifestyle.kompas.com/read/2019/02/18/160000620/untuk-rasa-terbaik-jangan-simpan-cokelat-di-freezer

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke