Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pesan Di Balik Tampilan Panggung Oscar yang Mirip Wig Rambut

KOMPAS.com - Malam penganugerahan Oscar telah dilangsungkan pada Minggu (24/2/2019) waktu Los Angeles, California, Amerika Serikat.

Berbagai hal dari perhelatan bergengsi tersebut menjadi perbincangan di media sosial. Termasuk soal tata panggung yang dianggap oleh sebagian pihak agak aneh.

Jika dilihat dari kejauhan, panggung Oscar tampak dikelilingi oleh dekorasi dengan bentuk gelombang-gelombang besar berwarna emas yang berkilau.

Sejumlah warganet melihatnya tampak seperti wig rambut. Sebagian lainnya bahkan melihatnya mirip dengan rambut Presiden Amerika Serikat Donald Trump.

Lalu, apa yang sebetulnya ingin dicapai dari tata panggung tersebut?

Di balik tata panggung mirip wig rambut tersebut rupanya terdapat pesan inklusivitas. Hal itu diungkapkan oleh set desainer David Korins.

Kepada Architectural Digest, Korins menjelaskan bahwa saat ini ada banyak perspektif berbeda di kalangan masyarakat, terutama pada bidang politik.

"Ada banyak pemikiran kaku serta situasi pasang surut. Aku ingin membuat suatu pernyataan tentang sebuah inklusi bahwa sebetulnya hampir tidak ada yang namanya garis lurus dalam keseluruhan desain," kata dia.

Instalasi cantik dengan garis-garis asimetris pun dibuat. Garis-garis tersebut seolah memeluk seluruh tamu dan membalut kotak opera tersebut.

"Ini adalah sebuah pernyataan inklusi. Sebuah pernyataan tentang komunitas di dalam ruangan yang juga menjangkau banyak orang lewat kamera dengan sudut-sudut yang berbeda," sambungnya.

Apapun makna inklusi yang dimaksud Korins, Korins tetap harus mengukir pesan-pesannya tersebut dengan kristal Swarovski. Dekorasi mirip rambut tersebut diberi nama "Crystal Swag" menjulang setinggi tiga lantai atau 54 kaki (16,4 meter).

Menurut Korins, desain tersebut benar-benar sebuah tantangan baginya serta tidak ada narasi linear di balik desain tersebut.

"Kami berpikir harus menciptakan suatu pernyataan tentang bagaimana dunia saat ini dan harapan kami untuk dunia," kata dia.

https://lifestyle.kompas.com/read/2019/02/25/192444320/pesan-di-balik-tampilan-panggung-oscar-yang-mirip-wig-rambut

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke