Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Latihan Beban dengan Kaki Telanjang Bikin Tubuh Makin Kuat, Mengapa?

KOMPAS.com - Jika kamu sering berlatih beban di pusat kebugaran, mungkin kamu menyadari beberapa orang kerap berlatih tanpa mengenakan alas kaki.

Ternyata, alas kaki memiliki dampak cukup besar ketika kita melakukan latihan beban.

Co-founder Bespoke Treatments Dan Giordao, D.P.T., C.S.C.S. yang juga memiliki spesialisasi di bidang olahraga dan rehabilitasi ortopedi menjelaskan, latihan beban dengan kaki telanjang bisa membuat kita lebih kuat. Terutama jika melakukan powerlifting.

Giordao menjelaskan, tubuh kita berfungsi dengan terus menerus memutar serangkaian informasi. Ketika bagian tubuh kita menyentuh sesuatu atau berkontak dekat dengan sesuatu, kondisi ini akan mengirimkan sinyal ke otak kita.

Otak kemudian akan mengirimkan sinyal kembali.

Nah, kaki sebenarnya berperan dalam sebuah mekanisme feedback, namun seringkali tertutup oleh alas kaki.

Sebuah studi menunjukkan seberapa besar dampak kaki telanjang terhadap perputaran feedback tersebut.

Feedback penting untuk proprioception (kesadaran) tubuh kita dan juga kesadaran kinestetik (kemampuan bergerak tanpa berpikir).

Jadi, teorinya, latihan beban dengan telanjang kaki bisa memberi otak kita lebih banyak feedback. Hal itu sekaligus dapat menghindari cedera.

"Latihan proprioseptif adalah elemen penting dalam proses pemulihan. Tak hanya bisa meningkatkan kekuatan dan mobilitas, latihan ini juga bisa mengurangi risiko cedera secara drastis," kata ahli bedah kaki dan pergelangan tersertifikasi asal New York, Dr. Mohammad Rimawi, DPM, AACFAS.

Latihan dengan telanjang kaki juga bisa membantu membangun kekuatan pada otot kaki intrinsik, sebuah cara mereduksi cedera yang jarang terpikirkan.

Ini sama halnya dengan melakukan latihan beban menggunakan sarung tangan.

Teorinya, jangan latihan menggunakan sarung tangan karena akan mengurangi agresivitas genggaman tangan. Dengan latihan beban tanpa sarung tangan, lengan bawah akan lebih terbentuk dan otot lebih terlatih untuk menggenggam.

Sama halnya dengan latihan beban dengan telanjang kaki yang akan semakin menguatkan otot intrinsik kaki kita.

"Di bawah pengawasan yang baik, latihan dengan telanjang kaki akan meningkatkan keseimbangan dan propriosepsi," kata Rimawi.

Meski begitu, perlu diketahui bahwa sepatu sebetulnya menjadi perlindungan bagi kita ketika latihan beban. Misalnya, ketika kita menginjak sesuatu atau tak sengaja menjatuhkan dumbbell atau menendang besi.

Rimawi menambahkan, olahraga telanjang kaki tidak akan berjalan optimal jika kita memiliki masalah pada kaki. Apalagi jika kamu langsung terburu-buru mencoba latihan tanpa sepatu setelah bertahun-tahun biasa latihan dengan sepatu.

"Hal ini bisa menyebabkan kondisi seperti tendinitis, fraktur stres, arch pain, dan lainnya," kata Rimawi.

Jadi, jika kamu ingin melakukan latihan beban dengan kaki telanjang, Rimawi menyarankan untuk memulainya dengan dosis olahraga kecil karena kaki membutuhkan adaptasi.

Misalnya, dengan melakukan latihan selama 5-10 menit kemudian menambah waktunya perlahan.

Pada kasus angkat beban, latihan dengan telanjang kaki mampu menciptakan topangan kaki yang lebih kokoh. Apalagi, terlepas dari tumit tinggi sebagian besar sepatu angkat beban.

Kondisi tersebut mampu meningkatkan produksi kekuatan ketika melakukan kegiatan angkat beban, seperti deadlift dan squat karena kaki kita menekan permukaan dengan tumit alih-alih sol dengan bantalan.

Jadi, sepatu angkat beban sebetulnya secara tak langsung membuatmu terbiasa berlatih telanjang kaki. Sehingga deadlift dan squat bisa dilakukan tanpa sepatu.

Salah satu pengecualian adalah pliometrik. Rimawi meyakini, kardio tersebut lebih baik dilakukan dengan sepatu karena melibatkan banyak gerakan melompat.

Gerakan-gerakan pliometrik memberikan stres pada ligamen dan tendon kaki. Jika kaki tidak cukup kuat untuk melakukan gerakan tersebut, alas kaki bisa membantu meresap goncangan dan mengurangi risiko cedera.

Beberapa jenis latihan yang bisa dilakukan telanjang kaki, di antaranya:

- Single-leg deadlift.

- Kettlebell swing.

- Staggered-stance overhead press.

https://lifestyle.kompas.com/read/2019/02/26/103330920/latihan-beban-dengan-kaki-telanjang-bikin-tubuh-makin-kuat-mengapa

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke