Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Jangan Sembarangan Komentar di Media Sosial Bangsawan Inggris

KOMPAS.com - Banyaknya penyalahgunaan di media sosial, terutama yang menimpa tokoh terkenal, menjadi alasan bagi pihak Kerajaan Inggris untuk merilis panduan agar media sosial milik istana menjadi "lingkungan yang aman".

Informasi ini dikeluarkan langsung lewat pernyataan resmi pada hari Senin (4/3/2019). Menurut pihak istana.

Pihak istana akan memblokir, bahkan memenjarakan pengguna media sosial yang memberi komentar negatif di akun kerajaan.

Dalam pernyataan tersebut, keluarga kerajaan meminta siapapun yang mengikuti media sosial mereka untuk menunjukkan sopan santun, kebaikan dan rasa hormat untuk sesama pengguna.

"Untuk membantu menciptakan lingkungan yang aman ini, kami telah menetapkan beberapa pedoman yang berlaku untuk keterlibatan apa pun dengan kami atau anggota komunitas lainnya di salah satu saluran media sosial kami," demikian isi pernyataan tersebut.

Langkah ini dilakukan karena meningkatnya penyalahgunaan media sosial yan diarahkan kepada keluarga kerajaan dalam beberapa bulan terakhir, terurama kepada Kate dan Meghan yang kerap menjadi korban.

Pedoman tersebut dibagikan lewat unggahan di akun resmi keluarga kerajaan, termasuk akun Istana Kensington dan Clarence House.

Isi pedoman meminta para pengguna media sosial tidak boleh meninggalkan komentar berupa spam, fitnah, menipu, kata-kata menjijikan, menyinggung kasar, penuh kebencian, kemarahan atau mempromosikan kekerasan seksual.

Para pengguna media sosial juga tak boleh meninggalkan komentar berisi diskriminasi berdasarkan ras, jenis kelamin, agama, kebangsaan, kecacatan, usia atau orientasi seksual.

Pihak istana juga melarang para pengikut di media sosialnya untuk memasukan informasi di luar topik, tidak relevan atau tidak dapat dipahami atau mengandung iklan atau mempromosikan layanan apa pun.

Jika ada yang melanggar,keluarga kerajaan berhak untuk menyembunyikan atau menghapusnya.

Mereka juga berhak mengambil langkah lebih lanjut terhadap akun yang bersangkutan untuk mencegah penyalahgunaan di masa depan.

Bulan januari lalu, majalah "Hello!" berusaha menghentikan komentar kasar yang diarahkan pada keluarga kerajaan lewat sebuah kampanye di media sosial bertagar #HelloToKindness.

Menurut Emily Nash, editor kerajaan untuk majalah "Hello !", kampanye diluncurkan sebagai tanggapan terhadap penyalahgunaan media sosial yang meluas, terutama diarahkan pada Kate dan Meghan.

"Orang-orang merasa diberdayakan untuk menjadi agresif dan kasar satu sama lain dari balik keyboard mereka. Itu terutama berkaitan dengan Kate dan Meghan," ucap Nash.

https://lifestyle.kompas.com/read/2019/03/05/091600920/jangan-sembarangan-komentar-di-media-sosial-bangsawan-inggris

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke