Salin Artikel

Kylie Jenner Miliarder Termuda dalam Sejarah

Di usianya yang baru 21 tahun, Jenner memiliki total kekayaan senilai 1 milliar dollar AS atau lebih dari Rp 14.000 milliar. 

Jenner berhasil menggeser posisi pendiri Facebook, Mark Zuckerberg, yang menjadi milliarder pada tahun 2008 di usia 23 tahun.

Saudara Kim Kardashian ini juga menggeser posisi pendiri Microsoft, Bill Gates, yang menempati posisi tersebut di tahun 1987 pada usia 31 tahun.

Kekayaan utama ibu satu anak ini berasal dari bisnis kosmetik berlabel "Kylie Cosmetics", yang bernilai 900 juta dollar AS.

Label kosmetik yang didirikannya diproyeksikan menghasilkan 1 milliar dollar AS atau Rp 14.000 milliar dalam penjualan seumur hidup di tahun 2022.

Kontrak distribusi eksklusif dengan pengecer "Ulta" musim panas lalu berhasil meningkatkan angka penjualan secara signfikan.

Berdasarkan laporan majalah Forbes, "Kylie Cosmetics" menjual produk-produk senilai 54,5 juta dollar AS atau Rp 769 milliar di toko-toko "Ulta".

Jenner mengabarkan dirinya akan bekerja di persuhaan miliknya untuk selamanya. Setelah itu, ia akan mewariskannya kepada putrinya, Stormi, yang saat ini masih berusia satu tahun.

"Saya tidak mengharapkan apa-apa. Saya tidak melihat masa depan," ucap Jenner dalam wawancara dengan majalah Forbes.

Baginya, pengakuan yang dia dapatkan saat ini adalah hal baik dan pemberi semangat.

Meski dilahirkan dalam keluarga kaya dan memiliki ketenaran, usaha Jenner untuk menyukseskan bisnisnya tetap patut diapresiasi.

Bagaimanapun juga, ia adalah anggota “Klan Kardashian“ yang paling sukses secara finansial.

Kakak tirinya, Kim Kardashian hanya memiliki total kekayaan bersih senilai 350 juta dollar AS atau Rp 4.000 milliar.

Selain dari Kylie Cosmetics, kekayaan yang diperoleh Jenner berasal dari aplikasi berbayarnya, serta penjualan dari "The Kylie Shop," dua lini pakaian yang didirikan bersama Kendall Jenner.

Ia juga memperoleh uang dari seri buku, program TV termasuk "Keeping Up With the Kardashian" dan "Life of Kylie", serta kemitraan lainnya dengan merek ritel seperti Adidas, Topshop dan Quay Australia.

Jenner meluncurkan merek kecantikannya pada 30 November 2015. Produk pertama yang dirilisnya adalah produk lipstik cair dan pensil bibir "Kylie Lip Kit" seharga 29 dolar AS atau Rp 409.000.

Saat pertama diluncurkan, produk tersebut terjual habis hanya dalam beberapa menit.

Dalam 18 bulan, perusahaan miliknya telah menghasilkan 420 juta dollar AS atau Rp 5.900 milliar dalam penjualan.

Koleksi liburan 2016 yang dirilisnya menghasilkan hampir 19 juta dollar AS dalam satu hari.

Sebagai perbandingan, peluncuran produk pertama lini kosmetik milik Kim Kardashian West, "KKW Beauty", menghasilkan sekitar 14,4 juta dollar AS atau Rp 203 milliar penjualan.

Namun, Jenner merasa tidak terlalu khawatir tentang persaingan dengan saudari tirinya itu karena pangsa pasarnya berbeda.

"Dia, seperti, hampir 20 tahun lebih tua dariku. Aku merasa produk kosmetik milikku jelas lebih cocok untuk kaum muda, menyenangkan. Dan itu berbeda," kata Jenner.

Dalam sebuah wawancara di tahun 2016, Jenner mengungkapkan jika ia ingin membuat lini kosmetiknya memiliki nama besar.

Sebagian besar penjualan produk kosmetik milik Jenenr dipasarkan secara online, khususnya lewat media sosial.

Ini bukan hal mustahil karena ia memiliki 128 juta pengikut di Instagram dan 26,7 juta pengikut di Twitter.

"Ini kekuatan media sosial. Aku memiliki jangkauan yang kuat sebelum aku bisa memulai apa pun," ucapnya.

Pada tahun 2018, Forbes menobatkan Jenner dalam daftar “Perempuan Terkaya“ di Amerika karena hasil jerih payahnya sendiri.

Saat itu, total kekayaan bersihnya sekitar 900 juta dollar AS atau Rp 12.700 milliar.

Hubungan baik dengan keluarga

Pada 2017, Jenner adalah selebritas termuda yang masuk dalam daftar 100 selebritas bayaran tertinggi di dunia versi majalah Forbes, dengan pendapatan sekitar 41 juta dollar AS atau Rp 579 di tahun sebelumnya.

Jenner tetap bekerja sama dengan keluarganya. Sebagai CEO, chief marketing officer dan chief creative officer, "Kylie Cosmetics" 100 persen miliknya.

Sementara itu, Kris Jenner menjabat sebagai chief financial officer perusahaan.

Saat dinobatkan sebagai salah satu remaja paling berpengaruh di Time Magazine tahun 2016, dia mengatakan kakak perempuannya, Kim Kardashian, adalah orang yang paling menginspirasinya.

"Kim Kardashian West adalah orang yang sangat berdedikasi, dia sangat pintar, dia adalah seorang pengusaha wanita dan dia selalu melakukan sesuatu dan memikirkan ide-ide baru," kata Jenner.

Baginya, Kim telah menginspirasinya untuk memiliki etos kerja yang hebat.

"Saya benar-benar merasa seperti orang tidak menganggap saya serius sebagai pebisnis karena usia dan reputasi saya," kata Jenner pada tanyangan "Life of Kylie" di tahun 2018."

Namun, ia mampu membuktikan kesuksesannya.

https://lifestyle.kompas.com/read/2019/03/06/092129320/kylie-jenner-miliarder-termuda-dalam-sejarah

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.