Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Apa Jenis Musik Cocok Digunakan Sebagai Pengantar Tidur?

KOMPAS.com - Ada banyak cara yang bisa dilakukan ketika susah tidur. Entah dengan mematikan lampu kamar, memasang aromaterapi, hingga mendengarkan musik pengantar tidur.

Untuk yang terakhir ini, kamu mungkin masih bingung saat memilih lagu, apakah benar harus lagu galau alias mellow atau boleh lagu rock, yang penting lagu favorit?

Ternyata manfaat musik dalam mengatasi gangguan tidur sudah dirasakan banyak orang. Kamu mungkin juga sudah membuktikan sendiri bahwa mendengarkan musik pengantar tidur bisa membantu meningkatkan kualitas tidur tiap malam.

Namun, kita sering kali masih bingung saat menentukan genre musik mana yang cocok. Sebetulnya, adakah musik pengantar tidur yang ideal dan ampuh bikin tidur jadi lebih nyenyak? Apa benar lagu-lagu yang lembut adalah musik pengantar tidur yang paling baik?

Seorang peneliti asal Jerman, Laszlo Harmat, mengungkapkan bahwa musik yang paling banyak direkomendasikan sebagai pengantar tidur adalah musik klasik. Hal ini diperkuat oleh sebuah studi dalam Journal of Advanced Nursing tahun 2008, bahwa musik klasik terbukti efektif dalam mengurangi masalah tidur.

Ini karena musik klasik memiliki nada yang rendah dan irama lambat, sekitar 60 beat per menit. Irama lambat inilah yang dapat membantu menurunkan denyut jantung menjadi lebih rileks menuju tidur.

Namun, bagaimana kalau tidak suka dengan musik klasik? Tenang, musik jazz bisa menjadi alternatif musik pengantar tidur yang baik juga.

Saat mendengar alunan musik jazz, kita akan dibawa untuk mengingat kenangan-kenangan yang menyenangkan sekaligus menenangkan. Tidur pun jadi lebih cepat setelahnya.

Meski lagu dengan irama lambat menjadi pilihan musik pengantar tidur yang paling baik, setiap orang tetap saja memiliki selera musik yang berbeda-beda. Ada orang yang tidak suka musik klasik, tapi justru bisa cepat tidur setelah mendengar musik favoritnya, sekalipun itu musik pop atau rock.

Namun memang, musik dengan irama yang cepat dapat meningkatkan denyut jantung dan bisa bikin kita lebih lama untuk terlelap.

Nah jika kamu bingung menentukan musik pengantar tidur yang terbaik, coba saja dengarkan beberapa genre musik sebelum tidur. Lihat dan buktikan sendiri mana yang paling ampuh membuat cepat terlelap tidur setiap malam.

https://lifestyle.kompas.com/read/2019/03/06/191900320/apa-jenis-musik-cocok-digunakan-sebagai-pengantar-tidur-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke