Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Merokok Bisa Sebabkan Uban di Usia Muda?

KOMPAS.com - Sejumlah penelitian menemukan bahwa kebiasaan merokok erat kaitannya dengan munculnya uban di usia muda. Kini, cobalah bercermin dan perhatikan rambutmu. Apakah terdapat tanda-tanda munculnya uban meskipun usia baru memasuki kepala dua atau tiga?

Bisa jadi, salah satu penyebabnya berasal dari kebiasaan merokok. Mengapa demikian?

Pada awalnya, folikel yang menjadi tempat tumbuhnya rambut memiliki sekumpulan sel yang disebut melanosit. Melanosit berfungsi untuk memproduksi melanin, yakni pigmen yang memberikan warna gelap pada rambut.

Seiring bertambahnya usia, melanosit mulai mati sehingga produksi melanin berkurang. Warna rambut pun akan berangsur menjadi kelabu, keperakan, hingga akhirnya putih saat melanin benar-benar berhenti diproduksi. Inilah alasan mengapa rambut beruban umumnya dimiliki oleh para lansia.

Apa saja yang dapat menyebabkan munculnya uban di usia muda?

Rata-rata, uban baru akan muncul saat seseorang berusia akhir 30-an atau baru memasuki usia 40-an. Namun, kamu dapat dikatakan memiliki uban di usia muda jika uban muncul pada usia 25 tahun atau kurang.

Berikut adalah sejumlah faktor yang dapat memicu munculnya uban sejak dini:

1. Faktor genetik

Faktor genetik berperan besar dalam menyebabkan uban di usia muda. Bila orang tua atau kakek dan nenek memiliki uban sejak masih muda, maka kamu pun berkemungkinan besar mengalami hal yang sama.

Faktor genetik memang tidak dapat diubah, tapi kamu dapat menyiasati rambut beruban dengan mewarnainya menggunakan cat rambut.

2. Kekurangan vitamin B-12

Vitamin B-12 berperan penting dalam menjaga kesehatan sel darah merah. Sel-sel darah ini membawa oksigen ke seluruh tubuh, termasuk melanosit di folikel rambut.

Kekurangan vitamin B-12 dapat memengaruhi pasokan oksigen menuju sel-sel ini. Akibatnya, produksi melanin berkurang dan terjadi pembentukan uban di usia dini.

3. Penyakit tertentu

Pembentukan uban di usia muda dapat disebabkan oleh penyakit autoimun dan gangguan kelenjar tiroid. Pada penyakit autoimun, sistem kekebalan tubuh keliru menyerang melanosit sehingga menghambat produksi melanin.

Sementara pada gangguan kelenjar tiroid, produksi melanin terganggu oleh aktivitas hormon yang kurang atau berlebihan.

Apa hubungan antara rokok dengan dengan uban di usia muda?

Selain ketiga penyebab di atas, uban juga dapat muncul sejak dini akibat kebiasaan merokok. Pada sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2010, ditemukan bahwa perokok 2,5 kali lebih berisiko memiliki uban di usia muda dibandingkan orang yang tidak merokok. Rata-rata, uban muncul pada saat perokok berusia 30 tahun.

Hal ini disinyalir erat kaitannya dengan berbagai kandungan pada rokok yang bersifat seperti radikal bebas. Kandungan ini menyebabkan stres oksidatif pada melanosit, kemudian mengakibatkan kerusakan pada sel-sel tersebut.

Akhirnya, melanosit berhenti memproduksi melanin dan menyebabkan munculnya uban di usia muda.

Selain itu, merokok juga akan menyebabkan penyempitan pada pembuluh darah. Aliran darah menuju folikel rambut pun berkurang sehingga rambut lebih rentan mengalami kerontokan.

Tidak hanya menyebabkan timbulnya uban di usia muda, kebiasaan merokok juga berpotensi menimbulkan kerusakan lain pada rambut.

Merokok akan memengaruhi seluruh tubuh, termasuk rambut. Meski demikian, belum terlambat untuk menghentikan kebiasaan tersebut. Sebelum warna rambut memudar, kurangi kebiasaan merokok dan ganti dengan sesuatu yang lebih menyehatkan.

https://lifestyle.kompas.com/read/2019/03/15/123047520/merokok-bisa-sebabkan-uban-di-usia-muda

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke