Salin Artikel

Diet Sebelum Menikah, Rahasia Tubuh Ideal Bagi Calon Pengantin

KOMPAS.com - Persiapan sebelum menikah harus dilakukan dengan matang. Mungkin keperluan utama sudah terpenuhi dengan baik, tapi kamu tetap saja perlu mempersiapkan hal lain. Misalnya, mempercantik diri hingga melakukan diet sebelum menikah.

Ya, banyak calon pengantin yang melakukan berbagai diet supaya saat acara pernikahannya, mereka tampak lebih menarik dan percaya diri.

Lantas, bagaimana sih diet sebelum menikah yang sehat tapi bisa menurunkan berat badan dengan cepat?

Semakin dekat dengan hari pernikahan, kadang calon pengantin tidak mau makan karena benar-benar menjaga makan. Namun, sebaiknya jangan sampai menerapkan diet ekstrem, sampai-sampai saat acara pernikahan kamu malah jatuh sakit.

Sebenarnya, untuk menurunkan berat badan dengan cara yang sehat dan aman, kita harus melakukannya jauh-jauh hari. Tidak ada diet atau cara instan yang dapat membuat berat badan turun drastis.

Lagi-lagi, tak ada diet khusus untuk para calon pengantin yang mau menurunkan berat badannya. Sama seperti diet untuk menurunkan berat badan lainnya, tentu kita harus mengatur porsi makan sesuai dengan kebutuhan.

Secara garis besar, intinya adalah menghindari makanan berlemak, tinggi gula, serta kaya akan kalori. Alih-alih makan makanan tersebut, sebaiknya penuhi perut dengan makanan yang penuh serat seperti buah, sayur, dan biji-bijian.

Bukan berarti kamu tidak boleh makan daging atau tiba-tiba menjadi penganut vegetarian, ya. Kamu tetap bisa makan protein hewani, dengan syarat pilih yang renah lemak seperti ikan, daging ayam tanpa kulit, atau daging sapi tanpa lemak.

Tips supaya berat badan turun menjelang pernikahan

Nah, berikut panduan diet yang aman dan bisa diterapkan untuk membantu menurunkan berat badan.

Hindari makanan berkalori tinggi tetapi rendah zat gizi

Makanan tinggi lemak dan makanan tinggi gula yang ada dalam snack atau camilan biasanya mengandung kalori yang tinggi namun rendah zat gizi maupun serat. Makanan seperti inilah yang justru membuat berat badan semakin meningkat.

Pilih makanan yang praktis dan cara mengolah yang praktis

Diet ini adalah rencana jangka pendek, kamu tidak punya banyak waktu untuk memilih milih sumber makanan baru yang tidak dikenal. Maka itu pilihlah makanan yang praktis.

Makanan praktis ini bukan artinya makanan cepat saji atau makanan kemasan, melainkan makanan yang mudah ditemukan, dan mudah diolah.

Pilih saja makanan yang biasa kita makan sehari-hari seperti wortel, pisang, mangga, apel, kangkung, tahu, tempe, dan lainnya yang dimasak dengan sederhana misalnya ditumis, direbus, dikukus. Selain itu, lebih baik makan dengan porsi sedikit tapi sering.

Makan buah dan sayur lebih banyak dari biasanya

Buah dan sayur merupakan sumber zat gizi penting bagi tubuh yang rendah kalori sehingga bisa menjaga berat badan kita. Serat dalam sayur dan buah juga akan membuat lebih tahan lapar, alhasil asupan yang masuk pun jadi tidak berlebihan.

Vitamin dan mineral dalam sayur dan buah juga bisa membantu melancarkan metabolisme di dalam tubuh sehingga proses pembakaran kalori bisa terjadi lebih optimal.

Bukan hanya membantu melancarkan metabolisme, vitamin dan mineral dalam sayur buah juga memberikan dampak yang lebih untuk kesehatan kulit menjelang hari pernikahan.

Minum air putih, bukan minuman manis

Biarkan kalori didapatkan dari makanan saja bukan dari minuman. Ini artinya, sebaiknya tidak usah memilih minuman manis atau berkalori, seperti minuman jus buah kemasan, teh manis kemasan, soft drink, dan lainnya.

Sebaiknya pilih air putih sebagai minuman sehari-hari. Minum air putih minimal 8 gelas per hari.

Buat perencanaan tiap minggu

Agar tidak repot, buat perencanaan apa saja yang akan kamu makan. Setiap minggu sebaiknya isi dapur dengan bahan makanan yang sehat. Misalnya, isi camilan dengan kacang-kacangan, dan buah-buahan.

Pastikan persedian protein rendah lemak seperti dada ayam, telur, ikan ada di dalam kulkas.

Olahraga juga kunci dari persiapan sebelum menikah

Supaya diet sebelum menikah sukses bikin berat badan turun, kamu juga harus menerapkan pola hidup sehat, seperti olahraga rutin. Jangan hanya memangkas lemak dan kalori dari makanan saja, tapi juga dengan aktivitas fisik.

Olahraga bukan hanya membantu membakar lemak tubuh, tapi juga membantu mengurangi stres atau tekanan yang muncul menjelang hari penting itu.

Kamu bisa bergabung di klub olahraga, berolahraga bersama teman dan pasangan, atau menggunakan personal trainer khusus.

Untuk mendapatkan penurunan berat badan yang lebih cepat, olahraga juga menjadi penentunya. Semakin intense olahraga yang kamu lakukan maka semakin besar peluangnya berat badan turun.

https://lifestyle.kompas.com/read/2019/03/21/100728120/diet-sebelum-menikah-rahasia-tubuh-ideal-bagi-calon-pengantin

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.