Salin Artikel

Pentingnya Memberi Kepercayaan Penuh untuk Pasangan

KOMPAS.com - Menjalin hubungan asmara bukanlah hal yang mudah. Perlu kerja keras agar ikatan dengan pasangan semakin kuat.

Untuk memperkuat hubungan, diperlukan kesabaran, komunikasi dan kepercayaan yang semuanya tentu tak mudah untuk dijalani.

Kepercayaan, khususnya, sangat diperlukan agar kita dan pasangan tumbuh lebih kuat bersama dalam suatu hubungan.

Kita perlu memiliki kepercayaan sepenuhnya kepada orang yang kita sayangi walau kadang sulit untuk melakukannya.

Ada banyak hal yang membuat kita sulit percaya kepada orang lain, termasuk kepada pasangan.

Bisa jadi, hubungan di masa lalu menjadi penghambat kita untuk memberi kepercayaan penuh pada pasangan.

"Kepercayaan menciptakan kenyamanan, keamanan, dan keterbukaan bagi kedua pasangan," ucap Anita Chlipala, terapis pernikahan.

Tanpa kepercayaan, kata Chlipala, suatu hubungan akan memiliki banyak hal negatif, kecemasan dan rentan untuk kandas.

Lalu, seperti apakah bentuk kepercayaan penuh kepada pasangan?

"Sejujurnya, ada banyak hal yang harus dipertimbangkan untuk memberi kepercayaan penuh kepada pasangan, dan itu benar-benar dapt membuat atau menghancurkan suatu hubungan," ucap Chlipala.

Menurut Chlipala, pasangan yang saling mempercayai satu sama lain tidak akan berurusan dengan semua kenegatifan, kegelisahan, dan risiko cinta yang kandas.

Jadi, jika kita dan pasangan berjuang untuk itu, Chlipala menyarankan untuk melihat bagaimana kita saling percaya.

Ini adalah hal yang benar-benar harus kita lakukan demi kebaikan dalam hubungan asmara yang kita jalani.

Memberi kepercayaan penuh kepada pasangan memang bukan hal yang mudah.

"Kepercayaan lebih dari sekadar kesadaran otentik bahwa pasangan Anda mengatakan yang sebenarnya dan melaporkan dengan jujur tentang keberadaannya," kata Denise Limongello, psikoterapis dan pakar hubungan.

Menurutnya, memberi kepercayaan berarti juga mengetahui pasangan dapat berbicara dengan bijaksana atas nama kita.

Selain itu, sepenuhnya mempercayai pasangan berarti ada tingkat rasa hormat yang tinggi dalam hubungan tersebut.

"Kepercayaan adalah tentang niat dan tindakan pasangan terhadap yang lain," tambah Chlipala.

Menurut Chlipala, kita dan pasangan harus saling memperlakukan satu sama lain dengan rasa hormat, kebaikan, dan niat baik.

"Ini juga tentang merasa seperti kamu penting bagi pasanganmu, kamu adalah prioritas utama dalam kehidupan pasanganmu," tambahnya.

Saling memberi kepercayaan penuh akan membuat hubungan asamara berjalan indah. Lalu, bagaimana caranya kita bisa benar-benar memberikan kepercayaan penuh kepada pasangan?

Menurut Chlipala, kepercayaan bisa dibangun melalui komunikasi yang terbuka dan jujur.

Untuk membangun kepercayaan satu sama lain, kata Chlipala, pertama-tama kita harus benar-benar jujur dengan pasangan , bahkan jika itu menakutkan.

"Katakan semuanya dengan jujur kepada pasangan, bahkan jika itu berarti menyakiti perasaannya demi kebaikan hubungan," katanya.

Meskipun kita mungkin tidak suka mendengar kebenaran, menurut Chlipala, mengetahui pasangan berkata jujur atau tak menyembunyikan apa pun dapat membangun kepercayaan dalam hubungan.

Para ahli sepakat jika kita dan pasangan benar-benar harus berusaha untuk membangun kepercayaan tersebut. Memiliki kepercayaan penuh bukanlah tujuan akhir dalam sebuah hubungan.

"Kepercayaan adalah proses yang sedang berlangsung, dan yang harus dilakukan masing-masing pihak setiap harinya," kata Limongello.

Limongello menambahkan, cara yang bagus untuk menunjukkan kepercayaan dengan pasangan adalah melakukan sesuatu yang ia minta, langsung tanpa harus membuatnya menunggu.

Ini membuat dia merasa jika kita mendengarkannya. Merasa didengar oleh pasangan tidak hanya dapat memfasilitasi kepercayaan tetapi juga akan membuat kerjasama dengannya terjalin erat.

Jadi, jika kita dan pasangan belum memiliki keprcayaan penuh, jangan khawatir. Memang butuh waktu dan usaha. Tapi, hubungan kita akan jauh lebih kuat karena hal itu.

Jadi, jangan takut untuk berusaha karena kita layak untuk memiliki kisah cinta terbaik.

 

https://lifestyle.kompas.com/read/2019/03/31/050500720/pentingnya-memberi-kepercayaan-penuh-untuk-pasangan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.