Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Sketsa Buatan Karl Lagerfeld akan DIlelang Seharga Puluhan Juta Rupiah

KOMPAS.com - Beberapa skesta asli dari mendiang desainer Karl Lagerfeld akan dilelang akhir bulan ini.

Arsip dari 125 sketsa dan portofolio asli itu telah dimiliki secara pribadi sejak 1960an.

Semua arsip dan portofolio itu digambar oleh Lagerfeld saat ia bekerja sebagai perancang di House of Tiziani, Roma, pada tahap awal karirnya.

Koleksi ini sangat langka karena mantan direktur kreatif Chanel tersebut diketahui sering membuang sketsanya.

Dalam sebuah wawancara dengan The New Yorker tahun 2007, Lagerfeld mengaku ia memang sering membuang sketsa yang dibuatnya.

"Perabotan paling penting di sebuah rumah adalah tong sampah. Saya tidak menyimpan arsip saya sendiri, tidak ada sketsa, tidak ada foto, tidak ada pakaian — tidak ada apa-apa," ucap Lagerfeld saat itu.

Dua sketsa paling berharga yang juga dilelang pada tanggal 18 April ini digambar oleh Lagerfeld untuk bintang Hollywood Elizabeth Taylor.

Sketsa-sketsa itu diharapkan terjual dengan harga masing-masing sekitar 1.000 dollar AS atau Rp 14 juta hingga 3.000 dollar AS atau Rp 42 juta.

Koleksi portofolio lain yang ditawarkan di lelang diperkirakan akan dijual sekitar 2.000 dollar AS atau Rp 28 juta hingga 4.000 dollar AS atau Rp 56 juta.

Sketsa yang diikutsertakan dalam lelang memiliki nilai paling rendah 500 dollar atau Rp 7 juta hingga 1.500 dollar AS atau Rp 21 juta.

Acara lelang ini diadakan oleh Urban Culture Auctions bekerja sama dengan Palm Beach Modern Auctions.

"Sketsa-sketsa ini adalah karya salah satu desainer paling brilian dari setengah abad terakhir," kata Rico Baca, co-founder Urban Culture Auctions.

Menurut Baca, sketsa-sketsa karya Lagerfeld tersebut sangat langka dan mungkin tidak akan selamat seandainya tetap berada di tangan Lagerfeld.

Lagerfeld meninggal di Paris pada hari Selasa 19 Februari pada usia 85.

Selain menjadi direktur kreatif rumah mode Italia Fendi, Lagerfeld juga berprofesi sebagai direktur kreatif rumah mode Prancis Chanel sejak 1983.

Ia meluncurkan label fesyen miliknya sendiri pada tahun 1984.

 

https://lifestyle.kompas.com/read/2019/04/08/083331120/sketsa-buatan-karl-lagerfeld-akan-dilelang-seharga-puluhan-juta-rupiah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke