Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Riset Klaim Yoga Wajah Buat Wanita Terlihat Awet Muda

KOMPAS.com - Olahraga memang tebrukti dapat menjaga kebugaran dan membuat kita terlihat awet muda.

Kini, ahli dermatologi mengatakan, rejimen latihan wajah dapat memiliki manfaat serupa.

Menurut riset yang diterbitkan dalam JAMA Dermatologi, wanita yang melakukan yoga wajah atau facial yoga selama 30 kali dalam seminggu terlihat tiga tahun lebih muda.

Tak tanggung-tanggung, riset membuktikan manfaat tersebut dapat dirasakan setelah 20 minggu rutin melakukan facial yoga.

Tren mengenai yoga wajah telah berkembang dalam beberapa tahun terakhir. Menurut periset, latihan ini dapat membantu meremajakan wajah dan mendorong pertumbuhan otot yang mendasarinya.

Sayangnya, hingga saat ini belum ada uji klinis untuk menilai apakah latihan ini benar-benar dapat meningkatkan penampilan kulit dan fitur wajah.

Oleh karena itu, ahli dermatologi dan peneliti dari Northwestern University bekerja sama dengan Gary Sikorski pakar yoga wajah, melakukan penelitian untuk membuktikannya.

Riset dilakukan pada sekelompok kecil wanita berusia 40 hingga 65 tahun yang ingin terlihat lebih muda. Wanita dalam riset tersebut memiliki atrofi wajah ringan sampai sedang.

Dengan kata lain, mereka rentan mengalami penipisan dan pengenduran kulit, yang terkait dengan penuaan dan kerusakan akibat sinar matahari.

Semua peserta riset diminta menghadiri dua sesi pelatihan dengan Sikorski dan belajar 32 latihan wajah yang berbeda, dengan masing-masing latihan membutuhkan waktu sekitar satu menit untuk dilakukan.

Mereka diperintahkan untuk melakukan latihan ini di rumah setiap hari selama delapan minggu. Setelah itu, mereka disuruh terus berlatih setiap hari.

Para peserta difoto pada awal studi, pada delapan minggu masa riset, dan pada akhir 20 minggu. Setelah itu, foto-foto itu diperlihatkan kepada dokter kulit yang tidak tahu urutan pengambilannya.

Mereka diminta untuk menilai 19 fitur wajah yang berbeda dan memperkirakan usia wanita di setiap foto.

Menurut peringkat dokter kulit, pipi atas dan bawah para wanita menjadi lebih penuh selama penelitian.

Para wanita juga tampak lebih muda pada akhir program. Untuk diketahui, usia rata-rata wanita sebelum riset dimulai adalah 50 tahun.

Namun, usai delapan minggu riset usia rata-rata mereka nampak seperti 49 tahun dan berubah menjadi 48 tahun usai 20 minggu.

Murad Alam, selaku pemimpin riset, mengatakan latihan wajah dapat meningkatkan penampilan karena memperbesar dan memperkuat otot-otot wajah.

"Wajah menjadi lebih kencang dan terlihat lebih muda," katanya.

Kondisi otot adalah faktor penting dalam menentukan kondisi kulit. Seiring bertambahnya usai, kata Dr Alam, kulit akan kehilangan elastisitansnya dan lapisan anatra kulit dan otot, yang memberi bentuk pada wajah, menjadi lebih tipis.

Inilah yang membuat wajah menjadi berkeriput dan kendor. Membangun otot-otot di bawahnya dapat memberikan dorongan literal pada kulit untuk menangkal beberapa efek ini.

"Kini kita memiliki cara murah dan aman untuk terlihat lebih muda atau menambah alternatif perawatan wajah dan anti penuaan yang selama ini dicari," kata Dr Alam.

Para wanita dalam penelitian ini merasa sangat puas dengan hasil latihan rutin wajah mereka dan mengalami peningkatan di hampir semua 19 area wajah yang dinilai oleh para ahli kulit.

Namun, rutinitas ini memakan waktu, dan mungkin tidak untuk semua orang bisa melakukannya. Dari 27 wanita yang awalnya terdaftar dalam penelitian ini, 11 orang menyerah.

Dr. Alam mengatakan latihan wajah yang mungkin sangat bermanfaat antara lain dengan melibatkan gerakan memijat dan meremas pipi.

Berikut adalah dua latihan wajah yang bisa kita praktikan di rumah menurut penelitian.

1. Pengangkat Pipi

Buka mulut dan posisikan dalam bentuk "O". Posisikan bibir atas gigi dalam kondisi tersenyum untuk mengangkat otot-otot pipi, dan letakkan jari-jari dengan ringan di bagian atas pipi.

Lepaskan tangan dari otot untuk menurunkannya, lalu angkat kembali. Ulangi dengan menurunkan dan mengangkat pipi.

2. Mengencangkan pipi

Rapatkan bibir dan tersenyum tanpa menunjukkan gigi. Gerakan ini dapat memaksa otot pipi naik.
Letakkan jari di sudut mulut, dan geser ke atas pipi. Tahan selama 20 detik.

 

https://lifestyle.kompas.com/read/2019/04/28/101000920/riset-klaim-yoga-wajah-buat-wanita-terlihat-awet-muda

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke