Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tips Mengenakan Chelsea Boots, Santai maupun Resmi

KOMPAS.com - Penggemar sepatu pasti mengenal chelsea boots. Sepatu ini dikenali dari tidak adanya tali, yang diganti dengan karet elastis di bagian samping untuk memudahkan orang memakainya.

Bentuk seperti ini membuat bagian depan boots chelsea menjadi mulus dan rapi. Karenanya banyak orang menggunakan chelsea boots untuk tampilan resmi maupun casual.

Saat ini chelsea boots hadir dalam berbagai warna dan bahan. Kita bisa menemukan chelsea dari kulit halus, suede, nubuck, dan lainnya.

Kepraktisan dan tampilannya membuat jenis sepatu ini menjadi pilihan untuk dipakai sehari-hari. Ditambah sejarahnya yang terkait dengan gaya bangsawan Kerajaan Inggris, tak heran chelsea boots menjadi tren kembali.

Meski awalnya boots ini dibuat untuk berkendara, namun dalam perkembangannya orang memakai chelsea untuk berbagai kesempatan. Kelompok The Beatles bahkan memakainya di panggung-panggung pertunjukkan, dan menambah kepopuleran sepatu ini.

Nah, walau chelsea boots cocok dipadukan dengan berbagai gaya busana, namun beberapa tips ini akan membuat tampilanmu dengan chelsea akan semakin keren.

Chelsea boots dengan jeans

Paduan boots warna cokelat atau hitam dengan jins biru dan atasan kasual akan membuatmu terlihat menonjol. Tambahan ikat pinggang kulit dengan warna senada dengan sepatu bakal menjadikan tampilan makin sempurna.

Untuk memberi efek terbaik, pakailan jeans dengan potongan slim cut (bukan skinny) sehingga memungkinkan bagian atas boots tampak rapi di bawah jeans.

Kamu juga bisa memakai atasan berupa kaos yang ditutup dengan jaket denim, sweater, atau jaket bomber bila cuaca dingin.

Chelsea boots dengan setelan jas atau pakaian resmi

Pilih chelsea yang tepat, dan kamu bisa memakainya ke kantor hingga ke tempat lain. Namun bila kamu ingin mengenakannya bersama setelan jas, ada beberapa hal yang harus diperhatikan.

Pertama, pilih celana yang potongannya agak tinggi agar boots terlihat dan bagian bawah celana tidak berkerut. Pasalnya, chelsea akan menutupi mata kaki dan lebih tinggi dibanding sepatu resmi seperti oxford atau derby.

Kedua, tidak semua chelsea dianggap pantas untuk dipakai bersama jas. Pilihlah boots yang simpel, terkesan ringan (tidak seperti boots motor, militer, atau gunung), dengan potongan slim.

Chelsea boots dengan chino

pilihlah celana chinos berpotongan slim yang nyaman dan tampak pas di atas boots. Warna beige, khaki, atau navy merupakan pilihan tepat untuk paduan ini.

Merawat chelsea boots

Chelsea boots kadang-kadang memiliki harga lumayan, tergantung merek, pengerjaan, kualitas, dan bahan. Oleh karenanya sepatu ini sebaiknya dirawat agar memberikan tampilan keren saat dipakai.

Sama seperti sepatu berbahan kulit lainnya, chelsea boots bisa disemir, dilap, diberi lotion untuk kulit, agar kulitnya tetap awet dan tidak pecah-pecah.

Sepatu ini juga sebaiknya tidak disimpan dalam keadaan basah untuk menghindari jamur, namun juga jangan dijemur langsung di terik matahari.

Simpanlah di tempat kering namun sejuk, atau angin-anginkan setiap habis dipakai.

https://lifestyle.kompas.com/read/2019/04/30/122602220/tips-mengenakan-chelsea-boots-santai-maupun-resmi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke