Salin Artikel

Jangan Asal Makan, Ini Tips Sehat Menambah Berat Badan

KOMPAS.com - Sama halnya dengan berat badan berlebih, tubuh yang terlalu kurus juga dinilai tidak ideal.

Sayangnya, menaikan berat badan juga sama susahnya dengan menurunkan berat badan. Seringkali orang yang ingin menambah berat badannya malah mengonsumsi makanan tak sehat yang tinggi kalori dan lemak.

Pola makan tak sehat ini hanya akan membuat mereka mengalami obesitas, tekanan darah tinggi, diabetes dan penyakit jantung.

Untuk mendapatkan kenaikan berat badan yang sehat, ahli gizi Nmami Agarwal mengungkapkan tipsnya.

Memiliki berat badan yang terlalu rendah bisa disebabkan karena banyak hal. Faktor genetika atau kondisi medis seperti hipotiroidisme, diabetes tipe 2, sistem kekebalan tubuh yang lemah dan anemia, juga bisa menyebabkan berat badan sulit bertambah.

Ada beberapa cara sehat yang dapat membantu kita menambah berat badan secara berkelanjutan. Berikut tips tersebut.

1. Fokus pada kualitas dan bukan kuantitas

Alih-alih mengonsumsi makanan tinggi kalori, sebaiknya kita mengonsumsi makanan berkualitas baik untuk menambah berat badan dengan cara yang sehat.

Pilihlah makanan bergizi yang padat energi seperti ubi, kentang, pisang, buah-buahan kering, minyak samin dan biji-bijian utuh.

2. Lebih banyak mengonsumsi camilan

Mengonsumsi lebih banyak makanan kecil atau camilan sangat membantu menambah berat badan.

Di sela-sela waktu makan, kita bisa mengonsumsi camilan sehat seperti smoothie, buah, kacang-kacangan dan biji-bijian, sandwich selai kacang atau selai kacang almond dan sejenisnya.

3. Olahraga

Olahraga bisa membantu untuk menambah dan menurunkan berat badan. Orang yang kekurangan berat badan juga perlu meningkatkan metabolisme dan meningkatkan efek makanan tinggi lemak dalam diet untuk menambah berat badan.

Lakukan beberapa latihan beban kekuatan dan ketahanan otot. 

4. Hindari makanan tidak sehat atau olahan

Makanan tinggi lemak atau makanan olahan mungkin membantu menambah berat badan.

Tapi, makanan tersebut berdampak negatif pada kesehatan dan memicu berbagai penyakit seperti obesitas, tekanan darah tinggi, diabetes dan penyakit jantung.

5. Menambah berat badan adalah proses bertahap

Sama seperti penurunan berat badan, penambahan berat badan juga memerlukan proses bertahap yang terjadi selama periode waktu tertentu.

Jangan mengharapkan hasil yang instan. Kita juga perlu menerima diri sendiri. Cukup cintai diri sendiri agar kita bisa menjalani hidup yang sehat dan bahagia.

https://lifestyle.kompas.com/read/2019/05/15/133100220/jangan-asal-makan-ini-tips-sehat-menambah-berat-badan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.