Salin Artikel

6 Tips Mengatasi Bibir Kering Saat Puasa


KOMPAS.com - Cuaca yang panas dan dehidrasi dapat menimbulkan bibir kering saat puasa. Tetapi minum air bukanlah pilihan yang dapat dilakukan. Apakah terdapat pilihan lain selain meminum air?

Tentu saja ada! Jangan biarkan bibir kering merusak puasamu. Terapkanlah tips-tips mengatasi bibir kering saat puasa di bawah ini!

1. Jangan menjilat bibir

Menjilat bibir tidak akan mengatasi masalah bibir kering saat puasa. Alih-alih, bibir akan bertambah kering. Air liur yang mengering pada bibir akan mengurangi kelembapan bibir. Saat menguap, air liur akan menarik cairan di permukaan bibir.

2. Pilihlah pelembap bibir yang tepat

Pelembap bibir selalu menjadi solusi andalan jika bibir kering saat puasa. Namun, tahukah kamu kalau bahan-bahan tertentu yang terkandung dalam pelembap bibir dapat membuat bibir menjadi lebih kering?

Beberapa kandungan, seperti kamper, mentol, dan fenol dapat mengeringkan bibir. Meskipun mentol dan kandungan mint mungkin menimbulkan sensasi dingin, tetapi kandungan tersebut dapat membuat bibir jadi lebih kering dari sebelumnya.

Pelembap yang memiliki rasa dan aroma juga dapat menimbulkan bibir kering saat puasa. Carilah kandungan dalam pelembap bibir yang dapat menenangkan dan melembapkan bibir, seperti lanolin, ceramide, petroleum, dan beeswax.

Oleskan pelembap bibir sebanyak enam sampai delapan kali sehari, jadi bawalah pelembap bibir di mobil, tas, ataupun meja kerja. Sebelum kamu menggunakan lipstik ataupun lip gloss gunakanlah pelembab bibir terlebih dahulu.

3. Gunakan pelembab ruangan (humidifier)

Tidak hanya cuaca panas, udara sekitar yang kering dapat membuat bibir kering saat puasa. Pelembap ruangan dapat membantu untuk menambah cairan di udara agar kulit tetap terhidrasi.

Kamu dapat menggunakan pelembap ruangan saat sedang bekerja ataupun saat sebelum tidur agar kulit dapat menjadi lembap kembali.

4. Manfaatkan lip scrub

Selain pelembab bibir, benda lain yang dibutuhkan untuk mengatasi bibir kering adalah lip scrub. Lip scrub dapat mengelupaskan lapisan kulit kering pada permukaan bibir yang menghambat efek dari kandungan pada pelembab bibir.

Gunakan lipscrub sebelum memakai lip balm beberapa kali seminggu sesuai kondisi bibirmu. Carilah lip scrub yang mengandung gula atau soda kue.

Paling penting adalah mencari kandungan lip scrub yang dapat melembutkan dan melembapkan kulit. Saat memakai lip scrub, hilangkan lapisan kulit kering secara perlahan.

5. Atur asupan cairan

Kamu memang tidak dapat minum air saat puasa untuk mengatasi dehidrasi, tetapi kamu dapat mengatur asupan cairan sebelum dan sesudah puasa. Minumlah delapan sampai 12 cangkir air setelah berbuka puasa dan sebelum sahur.

Selain mengatur asupan cairan tubuh, kamu juga perlu menjaga asupan garam, gula, dan bumbu-bumbu dapur yang digunakan saat sahur dan berbuka puasa. Garam, gula, dan bumbu-bumbu dapur yang berlebih dapat menimbulkan dehidrasi.

6. Hindari sinar matahari

Paparan sinar ultraviolet dari matahari dapat mengakibatkan bibir menjadi kering dan mengelupas . Oleh karenanya, gunakanlah pelembap bibir yang mengandung tabir surya sebesar SPF 15 untuk mengurangi efek dari sinar matahari.

Praktekkan tips di atas, yuk! Semoga bibir kering tak menjadi hambatan dalam menjalankan ibadah puasa.

https://lifestyle.kompas.com/read/2019/05/16/133430920/6-tips-mengatasi-bibir-kering-saat-puasa

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.