Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Tanda Berada dalam Pernikahan Tanpa Cinta

Namun, tak selamanya pernikahan membawa kebahagiaan seperti dalam cerita dongeng, sebagian yang kurang beruntung merasa kehidupan pernikahan mereka seperti neraka.

Ketiadaan rasa cinta menjadi salah satu faktor yang menyebabkan pernikahan tidak bahagia. Sayangnya, seringkali ketiadaan rasa cinta itu justru tidak disadari.

Berikut tanda-tanda pernikahan tanpa cinta yang harus diwaspadai. Yuk disimak!

1. Gejala fisik

“Pernikahan yang tidak bahagia seperti flu yang melekat, membuat tenaga Anda terkuras dan rentan,” jelas terapis klinis Paul Hokemyer, J.D.,Ph.D kepada Oprahmag.com.

Gejala dapat berupa sakit kepala parah, diare, sembelit, mual, leher, dan sakit punggung. Hokemyer menuturkan banyak pasien yang ia tangani menderita depresi. Mereka mengatakan bahwa mereka selalu lelah, sebagian lagi mengalami gangguan kecemasan dan insomnia.

“Saya bahkan pernah merawat seorang wanita paruh baya yang memiliki kebencian yang begitu dalam terhadap suaminya hingga membuat tubuhnya bergetar seperti dijalari semut,” ungkapnya.

2. Saling mengkritik satu sama lain

Kita semua pasti pernah menjadi seseorang yang menyebalkan ataupun merasakan kekesalan pada pasangan. Tapi Anda harus menentukan, apakah rasa frustasi itu timbul karena kurangnya penghargaan dari pasangan atau murni karena hari yang melelahkan.

Jika Anda selalu menggunakan kata “tidak pernah” atau “selalu”, seperti ”Kamu tidak pernah membantuku membersihkan rumah”,  Anda tidak hanya mengkritik pasangan tapi juga membunuh karakternya.

Jika mencintainya, Anda akan menggunakan cara yang lebih baik untuk mengritiknya. Alih-alih menyerang personalnya, Anda harusnya mengatakan bahwa membutuhkan bantuannya di rumah.

3. Penuh dengan hinaan

Alih-alih saling menyayangi dan mengagumi, Anda dan pasangan malah saling hina. Pernah merasa demikian? Tentu semua orang tahu bahwa tidak etis berperilaku dengan cara menyakitkan dan kejam terhadap pasangan dan juga seharusnya tidak diperlakukan seperti itu.

Jika Anda mau mengatasi akar dari rasa menjijikkan ini, ada harapan untuk hubungan.

“Tetapi ingat, Anda tidak dapat menyembuhkan penghinaan tanpa menemukan apa yang memulainya.” ujar Robin Milhausen, Phd, Kepala Asosiasi Departemen Hubungan Keluarga dan Gizi terapan Di Universitas Guelph seperti dilansir Oprahmag.com.

4. Tidak berhubungan seks

Seperti dilansir Themindsjournal.com, ahli hubungan dan konsultan perceraian Karen Finn mengatakan, pernikahan yang tidak bahagia juga ditandai dengan jarang atau bahkan tidak pernah lagi melakukan hubungan seksual karena sudah berkurangnya ketertarikan fisik.

Ingatlah, bahwa keintiman fisik dan emosional adalah hal yang membedakan hubungan dengan cinta romantis dari semua hubungan lainnya.

5. Tidak merasa dihargai, didengar, dan bernilai

Mendengarkan adalah kemampuan terbaik untuk membangun sebuah hubungan yang kuat. Dengan saling mendengarkan, pasangan bisa saling memahami.

Tapi jika merasa tidak dihargai, dipahami, atau bernilai bagi pasangan, mungkin Anda perlu mewaspadai pernikahan. Karena sekali tidak ada penghargaan dalam sebuah hubungan, maka Anda kehilangan fondasi untuk membangun hubungan.

Ketika tanda-tanda tersebut muncul dalam pernikahan, kita sebetulnya bisa memperbaikinya namun tentu saja membuthkan motivasi yang sangat kuat. Anda harus memiliki mental yang baik dan kuat.

Namun jika memang semua sudah tidak bisa dipertahankan, Anda mungkin membutuhkan cara masing-masing untuk bisa berbahagia.

“Kita tumbuh dan berubah berdasarkan bagaimana lingkungan yang kita hadapi. Orang yang kita temui pada usia 20 bisa menjadi seseorang yang tidak kita butuhkan pada usia 50 tahun,” ujar Milhausen.

Ia menambahkan, sebuah hubungan bisa memberi sesuatu yang baik untuk kehidupan kita, bahkan walaupun itu hanya untuk periode tertentu.

"Tapi Anda akan mendapatkan kenangan, rasa cinta yang mendalam dan ketika itu berakhir, anda bisa move on dan mendapatkan pasangan lain yang kamu butuhkan atau Anda juga bisa melakukan semuanya dengan diri Anda sendiri.” tutupnya.

Itulah beberapa tanda pernikahan Anda dan pasangan adalah pernikahan tanpa cinta. Segera cari solusi agar tidak terus berlarut ya.

Artikel ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Orami

https://lifestyle.kompas.com/read/2019/05/18/170000920/5-tanda-berada-dalam-pernikahan-tanpa-cinta-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke