Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Tips "Grooming" saat Menghadiri Interview Kerja bagi Pria dan Wanita

JAKARTA, KOMPAS.com - Kita seringkali dinilai atau menilai seseorang dari kesan kali pertama bertemu. Jika yang muncul kesan baik, maka ke depannya pun begitu.

Kesan pertama juga sangat penting, terutama pada pertemuan bisnis dan wawancara kerja di mana reputasi profesional dipertaruhkan.

Laman JobStreet.com, situs informasi lowongan kerja di Indonesia berbagi lima tips penting perawatan atau grooming untuk wawancara kerja bagi pria dan perempuan.

Tips perawatan untuk pria

Jika kamu berpikir pria cenderung lebih mudah dalam hal perawatan dan berpakaian dibandingkan dengan perempuan, bisa jadi itu salah besar.

Memang, busana pria terkesan lebih simpel, namun perawatan kebersihan pria dapat lebih sulit.

  • Rambut pada wajah

Pria yang termasuk dalam kategori “berbulu” perlu memastikan untuk memangkas rambut wajah agar tetap rapi, termasuk janggut atau kumis serta rambut telinga dan bulu hidung.

  • Penataan rambut

Pilihlah produk penataan rambut yang menjaga rambut tetap rapi dengan tampilan alami, daripada gel atau krim rambut yang menciptakan tampilan berminyak.

  • Pilihan pakaian

Pastikan setelan atau kemeja dan celana baru dicuci, disetrika rapi, dan terpadu dengan baik.

Jika melakukan wawancara untuk posisi yang kreatif atau berorientasi pada mode, kamu mungkin ingin mengambil kesempatan tersebut untuk mengekspresikan kepribadian dengan pakaian yang lebih berwarna, namun tetap menjadikannya profesional.

  • Aroma

Gunakan deodoran agar tetap segar dan kering, tetapi hindari cologne dan wewangian yang kuat. Hal ini untuk menghindari bersaing dengan pewawancara dalam hal apa pun, termasuk aroma.

  • Nafas

Jika kamu seorang perokok, maka jangan merokok selama setidaknya setengah jam sebelum wawancara.

Jika harus minum kopi sebelumnya, pastikan memiliki permen mint. Hal ini untuk menghindari napas yang bau.

Tips perawatan untuk perempuan

  • Rambut

Jika kamu memiliki rambut panjang, ikat kuncir kuda atau setidaknya pastikan rambut rapi dan tidak berantakan.

  • Riasan

Hindari berdandan berlebihan. Prinsip less is more sangat penting, terutama ketika tujuannya untuk terlihat profesional. Gunakan warna-warna segar dan alami, plus jaga agar tetap sederhana dan ringan.

  • Pakaian

Sebaiknya memilih setelan jas, rok, atau gaun cantik, ingatlah untuk tetap berpenampilan profesional.

Jauhi potongan leher rendah, rok mini dan apa pun yang terlalu terbuka yang mungkin mengirim pesan yang salah. Aksesori harus dihindari atau gunakan sesederhana mungkin.

Jangan lupa alas kaki yang tepat—kenakan sepatu yang terlihat bagus tetapi jangan biarkan kesakitan ketika melangkah.

Sekali lagi, pengecualian untuk aturan di sini adalah jika wawancara untuk posisi yang kreatif atau berorientasi mode, maka diizinkan untuk menunjukkan warna dan kepribadian dalam penampilan.

  • Aroma

Sama seperti pada pria, gunakan deodoran agar tetap segar dan kering, plus hindari parfum yang beraroma terlalu kuat.

  • Napas

Aturan sama yang berlaku untuk para perempuan--jangan merokok setidaknya setengah jam sebelum wawancara, dan bawa permen mint dalam tas jika perlu menyegarkan napas.

https://lifestyle.kompas.com/read/2019/05/27/105238720/5-tips-grooming-saat-menghadiri-interview-kerja-bagi-pria-dan-wanita

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke