Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Alternatif Kardio Sederhana Tanpa Pergi ke Gym

Ketika rasa malas datang, tak ada yang lebih kita inginkan selain bersantai di sofa sambil marathon menghabiskan serial favorit.

"Semua orang mengalami itu dan itu wajar," kata Karena Dawn, personal trainer dan co-creator komunitas kebugaran, Tone It Up.

Beristirahat memang baik untuk tubuh dan pikiran. Namun, kita semua tahu bahwa tubuh harus tetap bergerak meskipun hanya sedikit.

Sebab aktivitas fisik bisa menyegarkan tubuh dan menjaga perasaan tetap positif sepanjang hari.

Dawn menyarankan sebuah strategi yang bisa dilakukan sebagai alternatif ketika kita malas melakukan kardio, yaitu aktivitas yang disenangi lalu berikan sentuhan kreativitas untuk menyelipkan sedikit aktivitas fisik.

Misalnya, Dawn sangat suka berada di luar ruangan dan mendengarkan podcast. Jadi, ketika hari-hari malas itu tiba, ia kerap menjaga motivasi olahraganya dengan berkata pada diri sendiri: "oke, aku hanya akan pergi ke luar sebentar dan mendengarkan podcast".

Jalan kaki bisa menjadi kesempatan untuk pergi ke luar dan bersantai sambil melakukan sedikit gerakan olahraga. Sehingga, kegiatan ini bisa menjadi alternatif alih-alih terus mengingat betapa malasnya berolahraga kardio.

Buatlah aktivitas tersebut sesederhana mungkin dan cukup mengerahkan sedikit usaha untuk memulainya.

Dengan begitu, kita akan mampu menyelesaikan aktivitas tersebut dengan mudah.

Co-founder Tone It Up, Katrina Scott juga punya cara sederhana untuk melakukan kardio di hari-hari malas. Di dekat rumahnya, Scott bisa menemukan deretan tangga yang bisa dijadikan sarana berolahraga.

Biasanya, ia menggendong bayi perempuannya dengan carrier sebagai pengganti jaket beban (weight vest).

Kemudian ia akan melakukan aktivitas naik tangga selama beberapa waktu.

Kamu juga bisa menggunakan tangga di rumah, stadion lokal atau sekolah untuk melakukan aktivitas yang dapat memacu denyut jantung ini.

Jadi, ketika kardio terdengar sebagai sebuah aktivitas yang amat menjemukan, temukanlah cara sederhana dan efektif untuk melakukannya dengan cara yang lain.

Kamu bisa juga mengajak teman atau kerabat untuk berjalan-jalan di taman agar tidak bosan. Sebab kardio sederhana meski terdengar mudah, namun menyenangkan dan sama dengan olahraga. Pastikan dirimu menikmatinya, ya!

https://lifestyle.kompas.com/read/2019/05/28/160000020/alternatif-kardio-sederhana-tanpa-pergi-ke-gym

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke