Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Konsumsi 7 Makanan Ini demi Usus Sehat

KOMPAS.com - Menderita kembung, sembelit atau diare tentu sangat tidak nyaman. Masalah pencernaan ini seringkali terjadi karena kondisi usus yang tak sehat.

Secara medis, kesehatan usus meliputi pencernaan dan penyerapan makanan yang efekfif, mikrobiota usus normal dan stabil, status kekebalan efektif serta tidak ada penyakit gastrointestinal.

Mengukur tingkat kesehatan usus yang tepat memang bukan hal yang mudah. Namun, ada cara yang terbukti efektif untuk meningkatkan kesehatan usus.

Menurut ahli nutrisi Max Lugavre, makanan tertentu dapat menunjang kesehatan usus kita.

Menurutnya, kesehatan usus tak hanya berdampak pada saluran pencernan tetapi meliputi seluruh tubuh manusia.

"Kesehatan usus sangat penting untuk hampir setiap aspek tubuh kita termasuk berat badan, metabolisme, peradangan, fungsi otak, dan banyak lagi," ungkapnya.

Untuk menjaga kesehatan usus, menurut Lugavre, kita harus mengonsumsi serat alami dari makanan utuh.

Karena itu, kita harus benar-benar memerhatikan kualitas makanan yang kita konsumsi. Jangan hanya sekadar berfokus pada kuantitas.

Untuk menunjang kesehatan usus, kata Lugavre, makanan prebiotik juga penting untuk dikonsumsi.

Ia menambahkan, serat prebiotik dapat diakses oleh mikrobiota. Dengan kata lain, bakteri usus akan mengonsumsinya dan tumbuh dengan baik.

Namun, ada beberapa hal yang harus kita perhatikan saat mengonsumsi makanan penunjang kesehatan usus ini.

Lugavre menyarankan, agar kita mengonsumsinya secara perlahan karena peningkatan serat prebiotik yang tiba-tiba dapat menyebabkan fermentasi yang cukup intens dan membuat perut kembung.

Setelah itu, kita bisa fokus untuk meningkatkan metabolisme dan menurunkan berat badan dengan makanan tersebut.

Melansir Hello sehat, sekitar 70 persen sel-sel yang membentuk sistem kekebalan tubuh, berada di dinding usus kita. Oleh karena itu, usus yang sehat adalah dasar dari tubuh yang sehat.

Banyak masalah kesehatan yang disebabkan oleh usus yang kotor. Nah, agar tubuh tidak rentan terkena penyakit, berikut delapan makanan yang dapat membersihkan usus:

1. Sayuran hijau

Tekstur sayur-mayur yang berserat dapat membersihkan usus dari racun dan kotoran yang menempel di dinding.

Sayuran juga mengandung mineral dan antioksidan yang dapat membantu tubuh melindungi diri dari racun.

2. Chia Seed

Chia seed merupakan biji-bijian organik yang sedang populer untuk santapan diet, karena bermanfaat untuk detoks pencernaan.

Rasa chia seed cenderung hambar, dan untuk menyantapnya, kita perlu merendamnya di dalam susu atau air selama beberapa menit, dan bisa juga dengan mencampurkannya dengan makanan lain seperti yogurt atau oatmeal.

3. Lada cayenne

Bagi penggemar makanan pedas tetapi ingin memiliki pencernaan yang sehat, lada cayenne bisa menjadi makanan alternatif.

Bahan makanan ini adalah senyawa pedas yang dapat membantu melancarkan pencernaan di tubuh. Makanan ini juga diyakini dapat menurunkan risiko serangan jantung.

4. Makanan yang difermentasi

Makanan yang difermentasi mengandung bakteri menguntungkan. Makanan fermentasi cenderung memiliki sedikit rasa asam seperti kimchi, tape, dan yogurt.

Makanan ini membantu mendukung bakteri usus mengeluarkan kotoran dari asupan makanan yang tidak sehat dalam tubuh.

5. Buah-buahan

Buah memang kaya manfaat bagi tubuh dari ujung kaki sampai kepala. Ada beberapa buah yang dapat membersihkan usus, antara lain lemon yang kaya vitamin C dengan antioksidan tinggi pastinya akan membuat tubuh segera mengeluarkan kotorannya.

Buah alpukat juga kaya akan omega 3 dan bermanfaat mencegah perkembangan racun di dinding usus.

6. Varian teh

Kefir adalah sejenis tanaman yang dapat dijadikan minuman teh. Seperti yogurt, kefir merupakan produk yang difermentasi yang mengandung oligosaccharides, karbohidrat kompleks.

Makanan ini juga bisa menjadi asupan untuk bakteri baik, serta menjaga mikroorganisme kecil untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Selain itu ada teh kombucha, teh manis yang difermentasi menggunakan kandungan berupa gelatin yang bernama kombucha. Kedua teh ini dapat membersihkan usus dari kuman dan bakteri.

7. Air putih

Usus yang dehidrasi secara terus-menerus dapat menyebabkan sembelit, kondisi yang akan menyebabkan penumpukan racun dalam usus besar. Inilah sebabnya mengapa kita harus mencukupi asupan air untuk tubuh kita.

https://lifestyle.kompas.com/read/2019/07/01/193007520/konsumsi-7-makanan-ini-demi-usus-sehat

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke