Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Converse Luncurkan Sepatu dari Plastik Daur Ulang

JAKARTA, KOMPAS.com - Masalah sampah plastik rupanya menjadi kepedulian banyak pihak, termasuk brand sneakers ternama seperti Converse. Merek yang terkenal dengan seri Chuck Taylor itu kini membuat sepatu berbahan kanvas yang didaur ulang dari sampah plastik.

Sneakers-sneakers berbahan plastik daur ulang yang disebut Converse Renew Canvas itu meliputi seri Chuck Taylor All Stars dan Chuck 70.

Bagian atas atau upper sepatu-sepatu tersebut dibuat menggunakan benang polyester yang didaur ulang dari botol plastik bekas, dan dirancang agar serupa dengan kanvas katun yang selama ini dipakai untuk membuat Chuck Taylor.

Menurut Converse, walau terbuat dari plastik daur ulang, namun "canvas" ini memiliki rasa dan kenampakan yang sama dengan bahan kanvas aslinya.

Selain di bagian upper, tali sepatu untuk seri ini juga dibuat dari plastik daur ulang, termasuk jahitan yang membentuk lambang bintang dan tulisan Converse.

Sesuai dengan tema lingkungan, maka sepatu-sepatu baru ini akan hadir dalam warna-warna Moss Green, Ozone Blue, Wheat, Pale Putty, Black dan Jade Stone.

Saat ini, Converse menjual lebih dari 270 ribu pasang sepatu seri Chuck Taylor setiap hari. Dalam setahun, angka itu mencapai sekitar 100 juta pasang, atau bila dirata-rata ada lebih dari tiga pasang Converse terjual tiap detik.

Bayangkan bila sneakers-sneakers yang terjual itu adalah jenis yang menggunakan plastik daur ulang. Berapa banyak sampah plastik yang mendapatkan "hidup" ke-dua menjadi sepatu?

Converse Renew Canvas akan tersedia secara global pada 5 Juli di Converse.com dan di Indonesia pada 19 Juli di 2 toko konsep Converse Grand Indonesia dan Senayan City dengan harga mulai dari Rp 759.000 – Rp 999.000.

https://lifestyle.kompas.com/read/2019/07/04/050500520/converse-luncurkan-sepatu-dari-plastik-daur-ulang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke