Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pakai Tirai Kamar Mandi untuk Gorden Rumah, Mungkinkah?

Biasanya, di sana akan dipajang beragam gorden rumah, dengan berbagai ukuran dan motif, lengkap dengan pilihan rangka penggantungnya.

Nah, tak jauh dari situ biasanya dijajakkan pula beragam tirai kamar mandi, yang biasa dipakai untuk menghalangi percikan air shower atau bathup, agar kamar mandi tetap kering dan bersih.

Dulu, material tirai kamar mandi semacam ini biasanya terbuat dari bahan plastik, atau PVC -seperti yang biasa dipakai pada jas hujan.

Namun sekarang, -pernahkah kamu perhatikan, pilihan material tirai kamar mandi kian beragam, mirip kain horden pada umumnya, namun tetap anti air.

Motifnya pun beragam, dan tidak melulu polos, atau menampilkan kesan kekanak-kanakan, seperti yang dulu dibayangkan.

Nah, jika sudah begitu, bukan tak mungkin muncul pertanyaan, apakah bisa tirai kamar mandi itu dipakai untuk jendela rumah?

Apalagi, ukuran tirai kamar mandi umumnya tak jauh berbeda dengan gorden biasa yang dijual di pusat perbelanjaan kebutuhan rumah tangga.

Bahkan, ada keunggulan lain, dari sisi harga yang relatif lebih murah, dengan material tahan air yang membuatnya tak cepat kotor.

Seorang desainer interior asal Texas, Amerika Serikat, Maureen Stevens pun memberikan pandangannya ada ide tersebut.

“Semuanya amat bergantung pada material yang dipakai pada tirai kamar mandi tersebut," sebutnya, seperti dikutip dari laman Realsimple.com.

“Tidak semua bahan dibuat serupa, hingga posisi 'jatuh' tirai kamar mandi, mungkin saja tidak bisa sama dengan gorden umumnya," kata dia. 

Lalu, Christie Leu, desainer interior lain asal Maryland, AS, mengaku pernah beberapa klai menggunakan tirai kamar mandi, untuk kebutuhan lain selain di bawah pancuran.

“Kamu dapat mengguna tirai kamar mandi yang bermaterial bagus untuk gorden di jendela, atau sekadar sebagai sekat penghalang," sebutnya. 

“Malah jarang penggunaan itu membutuhkan modifikasi, karena panjang dan tingginya biasanya sama saja, dan cincin 'clip on' dapat disesuaikan dengan mudah," kata dia.

Leu bahkan menggunakan tirai kamar mandi, dengan mamakai pipa dan cincin pengaitnya untuk membuat ruang bawah tanahnya menjadi lebih cantik. 

“Saya dulu memakai tirai kamar mandi dari linen, sungguh menghemat waktu dan uang," sebutnya. 

“Tidak ada kebutuhaan penyesuaian di sudut-sudutnya, atau pun harus membuat lipatan," saming Leu. 

Sementara Stevens mengatakan, seperti halnya dengan aspek dekorasi lain, motif pada tirai, warna, dan tekstur justru dapat menghasilkan aksen tersendiri pada ruangan.

"Tapi itu lagi-lagi amat bergantung pada materialnya. Artinya, yang enggak mungkin memakai tirai kamar mandi yang terbuat dari plastik untuk ruang tamu, kan?"

Kendati demikian, jika material memang memungkinkan, maka bukan tak mungkin berkreasi untuk memakainya di dalam rumah. 

"Tirai kamar mandi bisa dipakai di ruang keluarga, atau ruang tamu, dengan pilihan bahan yang pantas," sebutnya.

Dia menyebut, dengan tirai kamar mandi kita mungkin tak bisa mendapatkan fungsi transparan dari tirai.

"Tapi kalau kebutuhannya untuk menghalangi cahaya, atau menjaga privasi, ini bisa menjadi pilihan," sebutnya.

Lagi pula, apa sih pentingnya memikirkan 'apa yang seharusnya', sepanjang kita memang menyukainya. Maka, lakukanlah.

"Bukan tak mungkin nanti kalau saya melihat bahan dan motif tirai kamar mandi yang bagus, saya akan pakai di ruang tamu saya," kata perempuan itu.

Bagaimana dengan kamu?

https://lifestyle.kompas.com/read/2019/07/05/195831120/pakai-tirai-kamar-mandi-untuk-gorden-rumah-mungkinkah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke