Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pilates Bisa Bantu Turunkan Berat Badan, Benarkah?

KOMPAS.com - Pilates adalah salah satu olahraga yang akhir-akhir ini semakin banyak diminati. Tak hanya memiliki manfaat menenangkan, sama seperti yoga dan renang, pilates juga memiliki manfaat lainnya. Termasuk membantu menurunkan berat badan.

Pakar pilates sekaligus pendiri studio Classical Pilates dan Exhale Pilates London, Gaby Noble menuliskannya pada ulasan di laman Cosmopolitan.

Menurut Gaby, pilates secara tidak langsung bisa membantu kita mencapai target berat badan yang ditentukan serta membantu membangun kekuatan fisik.

"Pilates adalah cara untuk mengkoordinasikan tubuh, pikiran dan jiwa yang sangat efektif untuk mendapatkan manfaat kesehatan optimal," kata Gaby.

Apapun alasanmu melakukan pilates, baik alasan fisik maupun mental, dan seperti apapun intensitas latihanmu ketika memulai pilates, manfaat yang sama akan didapatkan oleh orang-orang yang secara rutin berlatih pilates.

"Ketika klien menjadi lebih peduli terhadap tubuh mereka dan bagaimana mereka bergerak, lalu mulai memiliki otot-otot yang meregang dan kuat yang tak pernah mereka miliki sebelumnya, jiwa dan perilaku positif mereka akan lebih baik," kata dia.

Berikut lima manfaat yang bisa kamu dapatkan untuk menurunkan berat badan lewat latihan pilates secara rutin:

1. Keseimbangan

Pilates mampu menyeimbangkan kembali tubuh kita, mengakselerasi latihan dan mempercepat periode pemulihan.

Gaby mengatakan, banyak orang meyakini bahwa satu-satunya cara membentuk tubuh adalah membakar sebanyak mungkin kalori dengan berolahraga di gym setiap hari, melakukan olahraga intensitas tinggi sebanyak mungkin atau jalan kaki setiap hari.

Upaya-upaya tersebut memang bisa membakar kalori, namun masih ada hal lain yang harus diperhatikan.

"Jika otot-otot tubuh tidak seimbang dan terjadi nyeri sendi, olahraga yang dilakukan akan kurang efektif," ujarnya.

Tubuh bisa mengalami peradangan karena pilihan olahraga yang kita lakukan terlalu keras dan konstan. Peradangan tersebut merupakan aksi tubuh untuk melindungi kelemahan tubuh kita.

Namun, latihan pilates bisa meningkatkan keseimbangan tubuh kita.

"Pastikan semua sendi bekerja secara tepat agar efektif mencegah cedera dan nyeri," kata Gaby.

Pilates mampu membantu menenangkan sistem syaraf, mengurangi tingkat kortisol dan membantu menurunkan berat badan.

"Pilates adalah olahraga low impact dan melibatkan latihan pernafasan, artinya aktivitas ini bisa menenangkan sistem syaraf," jelasnya.

Ini penting tidak hanya agar tubuh tidak kehilangan tenaga, tetapi juga membantu mengontrol lonjakan tingkat kortisol, yang diketahui dapat mencegah penurunan berat badan karena kortisol menstimulasi produksi glukosa yang akan berubah jadi lemak.

"Pilates akan menurunkan tingkat kortisol kita. Membuat kita merasa lebih tenang dan selaras dengan tubuh dan lingkungan," ucapnya.

3. Membentuk otot

Pilates membantu meregangkan dan menguatkan otot-otot tubuh, membuatnya figur kita tampak panjang, ramping dan terbentuk.

Jika kamu biasa bekerja dengan duduk seharian di meja, pilates bisa membantu mengatasi kekakuan otot yang mungkin kamu alami.

"Melatih pernafasan membuat kita tetap hidup dan membiarkan otot-otot tubuh bernafas juga sama pentingnya untuk menjaga otot tetap sehat," kata Gaby.

Ketika otot memendek dan kaku karena pengaruh aktivitas harian kita, asam laktat akan terbentuk dan oksigen yang masuk ke aliran darah akan berkurang.

Latihan pilates memungkinkan kita mendapatkan gerakan yang tepat dan terkontrol untuk menggerakkan otot seluruh tubuh, sambil tetap memerhatikan postur dan fungsi.

Maka, rutinlah menguatkan otot, membentuknya dan memberikan waktu pemulihan yang cukup antar waku olahraga.

4. Kontrol

Pilates melatih kita untuk mengontrol tubuh dan pikiran, sehingga membantu mengatasi stres dan kecemasan.

Gaby menjelaskan, pilates membantu tubuh mengontrol tubuh lebih baik pada kondisi stres fisik maupun mental.

Prinsip kunci pilates adalah pernafasan. Kita akan dilatih untuk bernafas lebih dalam yang akan merangsang otak untuk lebih tenang.

Secara psikologis, kondisi ini akan membuat tubuh secara alami mampu meredam stres dan kecemasan.

"Belajar lah untuk mengontrol tubuh dan pikiran, dan kamu akan bisa mengontrol apapun yang datang dari luar," katanya.

5. Postur

Pilates bisa secara drastis memperbaiki postur tubuh kita. Kondisi ini akan memberikan kita lebih banyak energi dan menjaga organ tubuh tetap sehat.

Ketika masih kecil, mungkin kita terus-menerus diingatkan untuk memiliki postur yang baik, namun lama-kelamaan kebiasaan itu akan memudar dan kita lupa dengan itu. Pilates bisa menjadi jawabannya.

Gaby mengatakan, dengan menguatkan otot perut, bahu dan glute sambil meregangkan dada, tulang punggung dan panggul, kita akan mendapatkan lebih banyak energi karena kapasitas paru-paru kita akan meningkat. Pada kondisi tersebur, otak dan tubuh akan mendapatkan pasokan oksigen lebih.

"Postur yang baik juga akan menyehatkan organ tubuh kita, terutama dengan tidak membiarkannya diam dan kaku karena duduk sepanjang hari," ujar Gaby

https://lifestyle.kompas.com/read/2019/07/08/154624320/pilates-bisa-bantu-turunkan-berat-badan-benarkah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke