Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Bukan Hanya Wanita, Pria Juga Perlu Melakukan Perawatan Wajah

Padahal, seperti perempuan, pria juga perlu melakukan perawatan demi kesehatan dan menjaga penampilan.

Eks personel Samsons, Bambang Reguna Bukit atau akrab disapa Bams menuturkan, pria memerlukan perawatan sesuai kebutuhan.

Ia mencontohkan dirinya yang harus datang ke klinik perawatan, karena memiliki masalah jerawat. Menurut Bams, masalah kulitnya muncul ketika ia terpapar kosmetik kala masih manggung bersama Samsons.

Sebelumnya, Bams mengaku tak terlalu peduli soal perawatan.

"Karena alami masalah jerawat, akhirnya perawatan selama dua bulan," ujar Bams saat pembukaan MEN/O/LOGY by ZAP, Jakarta, Kamis (11/7/2019).

Perawatan tersebut rutin dilakukan, mulai dari pemakaian krim hingga menghindari beberapa jenis makanan. Setelah membaik, Bams tetap melakukan perawatan, seperti mencuci muka dan menjaga pola makan.

Menurut Tompi, yang juga dokter spesialis bedah plastik, pria tak perlu takut dicibir ketika datang ke klinik untuk perawatan.

Memang, Tompi juga mengakui ada beberapa pria yang menjadi pasiennya kerap mencari-cari cara, agar tak diketahui orang ketika datang ke kliniknya.

Rata-rata menurutnya, para pria takut dengan stigma negatif, salah satunya mengalahkan perempuan dalam hal perawatan.

"Padahal, merawat kan enggak harus berlebihan," ujar Tompi.

Perawatan paling sederhana pria, katanya, adalah mencuci wajah. Hal ini penting, terutama bagi pria-pria dengan tingkat risiko terpapar asap tinggi, seperti perokok dan aktif di luar ruangan.

Salah satu yang dibenahi adalah hidrasi kulit.

"Tujuannya bukan untuk tampilan baru lebih manis, melainkan hidup lebih benar," ujar Tompi.

Keluhan pria

Sementara itu, Dr Endi Novianto, SpKK (K) mengungkapkan, biasanya ada tiga keluhan umum dari pria, seperti kebotakan, jerawat, dan bekas jerawat.

Masing-masing memiliki penyebab, seperti kebotakan karena masalah genetika; serta jerawat karena pria memproduksi minyak berlebih. Sementara untuk scar biasanya disebabkan jerawat yang tak tertangani dengan baik.

Menurut Endi, klinik dengan ragam perawatan kulit bisa menjadi jalan keluar bagi para pria dengan masalah kulit tersebut.

Klinik Men/o/logy by ZAP, misalnya, menawarkan perawatan PRP untuk mengatasi kebotakan dan bekas jerawat.

Lalu ada Photo Facial untuk mengatasi kulit kusam, Laser Tattoo Removal untuk menghilangkan tato tanpa sakit, Infuse Booster untuk menambah daya tahan tubuh, serta Active Acne Laser untuk membasmi jerawat aktif.

Tren klinik ketampanan

CEO ZAP Clinic Fadly Sahab mengungkapkan, kini makin banyak pria mulai sadar pentingnya penampilan. Oleh karena itu, mendirikan klinik ketampanan pria pun menurutnya menjadi sebuah langkah tepat menangkap momentum tersebut.

"Mungkin dua atau tiga tahun lagi klinik ketampanan pria bakal menjadi tren," ujar Fadly.

Klinik tersebut, kata Fadly, memiliki konsep berbeda dengan klinik kecantikan. Menurutnya, klinik ketampanan akan mengakomodasi keinginan pria, mulai dari suasana hingga perawatan yang dibutuhkan, sehingga para pria tak merasa asing.

https://lifestyle.kompas.com/read/2019/07/11/174716920/bukan-hanya-wanita-pria-juga-perlu-melakukan-perawatan-wajah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke