Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Jelang Kembali Sekolah, Siapkan Mental Anak Sesuai Karakternya

Apalagi, bagi anak-anak yang memasuki tingkatan selanjutnya. Ini berarti mereka harus beradaptasi dengan lingkungan di sekolah baru, termasuk teman-teman baru.

Menurut psikolog, Vera Itabiliana Hadiwidjojo, Psi, setiap anak punya cara berbeda menghadapi hari pertamanya di sekolah.

Bagi anak-anak dengan tipe kepribadian ekstrovert, biasanya tak ada masalah berarti untuk menyesuaikan diri di lingkungan baru. Mereka justru bersemangat menghadapi lingkungan baru.

Tapi, anak-anak yang pemalu tentu butuh waktu lebih lama untuk penyesuaian diri di lingkungan sekolah yang baru.

Vera menyarankan, jika anak Anda tipe anak pemalu, sebelum mulai masuk ke sekolah baru, ada baiknya meluangkan waktu untuk mengajak anak berkeliling sekolah. Ini akan membantu anak lebih rileks saat masuk sekolah hari pertama.

"Beberapa hari sebelum sekolah, coba deh ajak anak melihat suasana sekolahnya, bisa juga sekalian mencaritahu lokasi kelasnya. Berkenalan dengan guru yang ada di sana," ujar Vera pada Kompas.com beberapa waktu lalu.

"Sehingga, anak akan lebih tenang saat datang ke sekolah hari pertama, karena merasa sudah kenal 'medannya'. Setidaknya dia sudah tahu di mana kelasnya, di mana kamar kecil, siapa gurunya," imbuhnya.

Selain itu, Vera mengatakan, untuk membangun mood yang baik di hari pertama sekolah, penting untuk mengembalikan jam tidur anak sebelum mereka kembali masuk sekolah.

"Seminggu atau dua minggu sebelum masuk sekolah, kembalikan jadwal tidur anak. Saat sekolah anak kan harus tidur lebih awal ya, karena jam bangun juga lebih pagi. Jangan sampai menjelang masuk sekolah anak tidur terlalu malam dan masih mengantuk saat harus ke sekolah," pungkas Vera.

https://lifestyle.kompas.com/read/2019/07/13/170300520/jelang-kembali-sekolah-siapkan-mental-anak-sesuai-karakternya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke