Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tentukan Pilihanmu
0 hari menuju
Pemilu 2024
Salin Artikel

Gejala Kadar Gula Darah Tinggi walau Tak Punya Diabetes

Kita mendapatkan glukosa dari makanan dan mayoritas makanan yang kita asup memengaruhi gula darah.

“Biasanya adalah makanan yang tinggi karbohidrat dan gula, tapi rendah lemak dan serat. Misalnya saja roti putih, soda, mi, sereal, dan juga permen,” kata ahli nutrisi dan diet Lisa Moskovitz dari NY Nutrition Group.

Untungnya, kadar gula darah tinggi bukanlah sesuatu yang perlu ditakutkan. Normalnya ketika kita mengonsumsi sesuatu yang tinggi gula atau karbohidrat, pankreas akan membuat insulin, yakni hormon yang dibutuhkan tubuh untuk memproses glukosa menjadi energi.

Setiap sisa glukosa akan disimpan di liver sehingga tidak akan beredar di darah. Sistem ini bekerja sangat baik pada orang dewasa sehat yang tidak punya diabetes. 

“Orang yang tidak punya masalah dengan kemampuan mengontrol gula darah tidak akan mengalami hiperglikemik alias gula darah terlalu tinggi,” kata Deena Adimoolam, dokter spesialis endokrinologi seperti dikutip dari SELF.

Jika kita punya diabetes atau resistensi insulin (kondisi di mana tubuh tidak cukup memproduksi insulin), kita pun beresiko mengalami kadar gula darah tinggi yang berbahaya bagi kesehatan.

Untuk memastikan kadar gula darah tinggi memang diperlukan pemeriksaan darah. Namun, secara umum ada beberapa tanda fisik yang perlu diwaspadai. Segera periksakan diri ke dokter jika Anda mengalami gejala-gejala ini:

1. Kelelahan sepanjang waktu

Mengalami rasa lelah dan lemas walau tidak melakukan pekerjaan fisik yang berat. Jangan remehkan keluhan ini, apalagi jika gejalanya tidak membaik walau kita sudah cukup beristirahat.

2. Penglihatan kabur

Gejala lain dari kadar gula darah tinggi adalah penglihatan kabur atau buram. Ini terjadi karena glukosa yang tinggi membuat lensa mata bengkak dan sulit focus pada satu titik.

3. Sering buang air kecil

Kelebihan glukosa juga memengaruhi ginjal yang memang bertugas membuang kelebihan air dari darah untuk memproduksi urine.

Kadar gula darah yang tinggi juga akan merusak pembuluh darah di ginjal, sehingga proses penyaringan menjadi tidak efisien. Kita pun jadi lebih sering buang air kecil.

4. Sering haus

Rasa haus berlebihan juga bisa merupakan efek dari buang air kecil terlalu sering. Ketika kita sering BAK, cairan yang berasal dari jaringan juga dikeluarkan bersama glukosa. Efeknya adalah tubuh jadi cepat dehidrasi.

5. Gejala lainnya

Menurut para ahli dari Mayo Clinic, ketika gula darah tinggi kita juga bisa mengalami gejala-gejala seperti sulit berkonsentrasi, mulut kering, rasa lapar terus, sakit perut, dan juga sesak napas.

Jangan tunggu terlalu lama untuk memeriksakan diri ke dokter. Kadar gula darah yang tidak terkontrol dalam jangka panjang akan menimbulkan komplikasi berbahaya. Sebaliknya, penderita diabetes yang gula darahnya terkontrol bisa hidup produktif dan sehat.

https://lifestyle.kompas.com/read/2019/07/23/123300020/gejala-kadar-gula-darah-tinggi-walau-tak-punya-diabetes

Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke