Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Kacamata Ikonik dalam Film Hollywood

KOMPAS.com - Bagi penggemar mode, fesyen tak hanya sekadar baju dan alas kaki. Aksesoris seperti kacamata hitam pun juga menjadi bagian penting dalam menunjang penampilan.

Banyak aktor papan atas yang membawakan karakter ikonik dengan kacamata hitam hingga berhasil meningkatkan angka penjualan dari merek kacamata yang dipakainya.

Di balik kacamata hitam yang tepat, para pria bisa menyembunyikan kemisteriusan dan menambah sisi maskulinnya.

Ikon gaya Steve mcQueen, misalnya, ia identik dengan kacamata hitam. Bahkan, penjualan kacamata aviator Ray-Ban, juga naik 40 persen setelah Tom Cruise mengenakannya dalam film "Top Gun".

Nah, omong-omong soal kacamata hitam, berikut kacamata hitam ikonik dalam film-film Hollywood.

1. James Bond

Daniel Craig telihat memakai kacamata hitam "Joe" karya Barton Perreira seharga 395 dollar AS atau Rp 5,5 juta saat berada di lokasi syuting "Bond 25".

Ini menunjukkan kacamata hitam dengan lensa "vintage grey" itu juga akan dipakai untuk serial James Bond yang akan datang. Bisa jadi, angka penjualan kacamata Barton Perreira itu pun bakal meningkat saat film tersebut dirilis.

Dalam serial "Sky Fall", Daniel Craig juga memakai kacamata hitam aviator Tom Ford yang dibanderol dengan harga 203 dollar AS atau sekitar RP 2,8 juta. Tentunya, angka penjualan turut naik seiring popularitas film tersebut.

2. Spiderman

Karakter Tony Stark dalam film Avenger:End Game memang telah mati. Dalam serial lanjutan yang berjudul "Spider-Man: Far for Home" dikisahkan Peter Parker harus berjuang mengatasi kesedihan karena kematian Tony Stark dan warisan aneh yang ditinggalkannya.

Yah, Peter mendapatkan kacamata hitam milik Tony yang disempurnakan dengan teknologi EDITH dengan sistem kontrol suara untuk meretas smartphone dan melakukan apa pun yang diinginkan pemakainya.

Usut punya usut, kacamata tersebut merupakan kacamata DITA seri FLIGHT 006 yang didesain dengan lensa Light Blue-Grey khusus.

3. Top Gun

Saat berperan dalam film Top Gun di tahun 1986, Tom Cruise diyakini memakai kacamata aviator Ray-Ban. Kacamata ini memang banyak dipakai para pilot.

Jauh di tahun 1930an, sebelum ada helm dan visor modern, pilot membutuhkan sesuatu untuk melindungi mata mereka dari sinar matahari di ketinggian.

Meski Ray Ban adalah brand yang populer, namun apa yang dipakai Tom Cruise dalam film Top Gun itu masih menjadi misteri. Ada yang mengatakan itu adalah Randolph seri Concorde, ada pula yang menyebut American Optical (AO), dua merek yang memang pernah dipakai militer AS.

Bagi para pria yang ingin tampil lebih modern dengan menekankan unsur manly, coba padukan kacamata aviator ini dengan jaket bomber. Untuk gaya yang lebih sederhana, kaus polos bisa menjadi kuncinya.

4. Men in Black

Masih ingat dengan aksi Tommy Lee Jones dan Will Smith dalam film Men in Black? Selain kekompakan mereka, karakter agen K dan agen J yang diperankan dengan apik oleh kedua aktor berbakat itu juga lekat dengan kacamata hitam yang ikonik.

Karakter yang mereka mainkan pun berhasil mendifinisikan kembali apa arti kacamata hitam yang keren itu. Usut punya usut, dalam film aksi tersebut kacamata hitam ikonik yang mereka kenakan adalah Ray Ban RB2303 Predator.

Kacamata ikonik tersebut dibanderol 900 dollar AS atau Rp 12 juta. Seiring dengan popularitas film garapan sutradara F. Gary Gray ini, permintaan kacamata hitam Ray Ban pun juga mengalami peningkatan yang tajam.

Namun pada film Men in Black ke-tiga, kacamata yang digunakan berubah. Walau mirip dengan Ray Ban Predator, namun ternyata yang dipakai adalah Ray-Ban RB4089 Balorama.

Selanjutnya, pada film Men in Black: International terbaru yang dibintangi Chris Hemsworth, kacamata yang dipakai adalah Police Origins 1 Sunglasses, yang memang menjadi kacamata resmi untuk film tersebut.

5. Terminator

Dalam film "Terminator" Arnold Schwarzenegger nyaris tidak mengucapkan dialog apapun. Ia hanya beraksi dengan tembakan dan otot-otot tubuhnya yang mempesona.

Namun salah satu hal yang diingat dalam film tersebut adalah kacamata hitam yang dia pakai. Dalam film fiksi ilmiah itu, Arnold memakai kacamata hitam klasik Gargoyles yang dibanderol dengan harga 395 dollar AS atau Rp 5,5 juta.

 

https://lifestyle.kompas.com/read/2019/07/25/095501020/5-kacamata-ikonik-dalam-film-hollywood

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke