Salin Artikel

Cara Pergi ke Tempat Kerja Pengaruhi Kesehatan Seseorang

Sebuah studi yang dipublikasikan di Journal of Transport Geography meneliti 1.121 pekerja penuh waktu dan komuter (seseorang yang bepergian ke kota tertentu setiap harinya untuk bekerja).

Beberapa variabel yang diteliti antara lain terkait berapa lama durasi perjalanan mereka, tipe perjalanan, hari-hari kerja yang terlewat, mood, dan produktivitas kerja.

Para peneliti menemukan, bahwa komuter dengan jarak perjalanan lebih jauh dan durasi perjalanan lebih lama (dalam satu kali jalan), cenderung mengambil waktu absen lebih banyak untuk berbagai alasan dan lebih sering sakit daripada komuter dengan jarak pendek.

Dari jenis transportasi yang diambil, komuter yang sehari-harinya bepergian menggunakan sepeda cenderung lebih bahagia, lebih produktif, dan absen kerja lebih sedikit.

Para peneliti menemukan, bahwa mereka yang tinggal pada jarak sekitar 1 km dari tempat kerja memiliki waktu absen 36 persen lebih sedikit, daripada mereka yang harus menempuh perjalanan lebih dari 16 km untuk bekerja.

Mereka yang tempat tinggalnya lebih dekat dengan tempat kerja, sama dengan yang pergi kerja dengan jalan kaki atau bersepeda, juga dilaporkan memiliki sikap yang lebih tenang, santai, antusias, dan puas dengan perjalanan mereka serta lebih produktif dalam pekerjaan daripada komuter yang menempuh jarak lebih jauh, mereka yang mengendarai mobil atau kendaraan umum lainnya.

Para pekerja usia 35 hingga 54 tahun adalah yang paling diuntungkan dengan menjadi komuter aktif.

Mereka dilaporkan memiliki performa kerja lebih baik, daripada mereka yang orang-orang yang terjebak di balik kendaraan pribadi dan transportasi umum.

Mengingat ada banyak sekali riset yang menyebutkan manfaat aktivitas fisik, maka tidak terlalu mengejutkan jika aktivitas komuter bisa membuat seseorang lebih bahagia, sehat dan produktif.

Sebab bagi komuter yang bepergian naik sepeda atau banyak berjalan kaki melalukan banyak aktivitas fisik ketika pergi dan pulang kantor.

Jika tempat tinggalmu memang jauh dari tempat kerja, bagilah perjalananmu. Misalnya, setengah jalan menggunakan mobil dan setengah jalan menaiki sepeda, sehingga kamu lebih aktif dan tiba di tempat kerja dengan penuh energi dan semangat.

Sementara mobil, menurut sebuah studi lainnya, mobil dianggap sebagai transportasi yang paling menyebabkan stres. Sepeda listrik bisa menjadi opsi bagi para komuter karena bisa mengurangi waktu tempuh perjalanan dengan jarak yang sama.

Kini semakin banyak komunitas yang pergi kerja dengan lebih banyak jalan kaki atau menggunakan sepeda atau transportasi lainnya. Apapun itu, semoga kamu lebih bahagia, lebih sehat dan lebih produktif dalam bekerja, ya!

https://lifestyle.kompas.com/read/2019/07/26/095005720/cara-pergi-ke-tempat-kerja-pengaruhi-kesehatan-seseorang

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.