Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pentingnya Memilih Produk Aman untuk Ibu Hamil dan Menyusui

JAKARTA, KOMPAS.com - Semua ibu menginginkan anaknya sehat dan tumbuh cerdas. Usaha menjaga kesehatan anak tentunya dilakukan sejak usia kandungan.

Namun karena ingin betul-betul menjaga kesehatan janinnya, banyak ibu justru merasakan kecemasan berlebih yang berdampak pada pola hidupnya.

Angkanya tak main-main. Hampir semua ibu mengalami kekhawatiran serupa, hanya saja sebagian di antaranya sangat sering dilanda kecemasan dan sebagian di antaranya hanya sesekali.

Produk perawatan ibu hamil dan menyusui Mama's Choice sempat melakukan riset pada 2018 terhadap 13.000 perempuan, termasuk melakukan forum group discussion (FGD). Hasilnya, sebanyak 63 persen ibu sering mengalami kekhawatiran atas kesehatan janin dan perkembangannya.

Karena merasa khawatir, 78 persen di antaranya mengubah pola makan dan 69 persen di antaranya mengganti produk perawatan kulitnya.

"Dari FGD kami, hampir semua ibu merasakan kekhawatiran," kata Head of Branding Mama's Choice Indonesia, Rahne Putri, Selasa (6/8/2019).

Mama's Choice pun diluncurkan untuk menjawab kekhawatiran para ibu yang tengah hamil atau ada pada periode menyusui. Tiga produk yang diluncurkan antara lain pasta gigi, obat kumur dan krim stretch mark.

Untuk produk pasta gigi, misalnya, Mama's Choice menghindari penggunaan fluoride, triclosan dan SLS, tiga bahan kimia yang menurut sejumlah penelitian terbaru berpotensi membahayakan perkembangan bayi.

Pemerhati kesehatan ibu hamil dan menyusui dr. Annisa Oktantiani, MPH menjelaskan, fluoride memang dibutuhkan untuk menguatkan email gigi, namun berpotensi membahayakan jika tertelan. Untuk itu penggunan bahan-bahan alami lebih dianjurkan.

"Dalam kadar tertentu fluoride bisa berefek ke janin kalau tertelan. Jadi memang perlu dihindari," ujarnya.

Kandungan pewarna, pewangi dan deterjen yang bisa membuat pasta gigi mengeluarkan busa ketika digunakan juga berpotensi menimbulkan reaksi alergi pada ibu.

Risikonya mungkin memang tidak besar, namun bisa terakumulasi jika digunakan secara rutin dalam jumlah banyak.

"Jika sudah tahu lebih baik dihindari, sejak awal bisa mencari produk yang lebih natural," ucapnya.

Sementara untuk produk obat kumur, Mama's Choice memformulasikannya agar meminimalisasi rasa mual yang sering dirasakan ibu hamil dan menyusui ketika menggunakannya.

Sedangkan produk stretch mark menggunakan bahan alami seperti lidah buaya dan shea butter untuk melembapkan kulit dan mengurangi rasa gatal yang kerap muncul pada masa awal kehamilan.

Rangkaian produk Mama's Choice tersedia di Central Department Store Grand Indoensia dan sejumlah situs e-commerce.

https://lifestyle.kompas.com/read/2019/08/07/083817220/pentingnya-memilih-produk-aman-untuk-ibu-hamil-dan-menyusui

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke