Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Danone-Aqua Luncurkan Botol dari 100 Persen Daur Ulang di Jakarta

Danone-Aqua meluncurkan Aqua Life, air minum dengan kemasan inovatif yang terbuat dari 100 persen bahan daur ulang dan dapat didaur ulang.

Kemasan ini diluncurkan sebagai upaya Danone-Aqua menyediakan pilihan hidrasi sehat untuk para konsumen sekaligus berkontribusi lebih terhadap lingkungan yang bersih.

Aqua Life sebelumnya telah diluncurkan di Bali pada Oktober 2018 lalu dan mendapatkan respons positif dari masyarakat.

Sustainable Development Director Danone-AQUA Karyanto Wibowo menjelaskan, bahan baku daur ulang adalah plastik yang terkumpul dari sejumlah jaringan Danone-Aqua, seperti pemulung sampah, bank sampah, hotel, restoran, kafe, dan lainnya yang kemudian diolah kembali.

"Kami olah kembali di business unit, diolah dengan teknologi tinggi yang memenuhi standar keamanan pangan. Lalu menjadi bahan baku Aqua Life kami," kata Karyanto di Mal Gandaria City, Jakarta Selatan, Rabu (7/8/2019).

Inovasi ini menjadi bagian dari gerakan #BijakBerplastik dari Danone-Aqua yang menggarisbawahi tiga komitmen untuk mengatasi permasalahan sampah plastik di Indonesia.

Tiga komitmen tersebut di antaranya pengembangan infrastruktur pengumpulan Sampah, edukasi konsumen, dan inovasi kemasan.

Targetnya, pada 2025 mendatang mereka bisa mengumpulkan lebih banyak plastik daripada plastik yang digunakan untuk kemasan produk. Caranya, dengan memastikan seluruh kemasan produk Danone-Aqua bisa didaur ulang dan meningkatkan porsi konten daur ulang dalam botol menjadi 50 persen.

Namun, sayangnya botol kemasan 100 persen daur ulang itu belum bisa didapatkan di luar Jakarta dan Bali.

Marketing Manager Danone-AQUA Jeffri Ricardo mengatakan, botol tersebut baru saja diluncurkan di Jakarta pertengahan Juli lalu. Jika kemasan tersebut kembali mendapatkan sambutan positif, tak menutup kemungkinan kamu yang tinggal di luar Jakarta dan Bali juga bisa mendapatkannya di toko terdekat.

"Targetnya kemasan ini bisa diproduksi lebih luas, orang bisa menerima lebih luas sehingga produk ini bisa didistribusikan lebih luas lagi," kata Jeffri.

Bersamaan dengan peluncuran Aqua Life di Jakarta, Danone-Aqua mengadakan Pameran #BijakBerplastik di Atrium Gandaria City selama lima hari, mulai 7 Agustus 2019.

Pameran tersebut menggambarkan kisah perjalanan berkelanjutan Danone-Aqua, menampilkan instalasi berbahan dasar wadah plastik bekas, serta hasil karya sejumlah seniman dengan menggunakan bahan baku plastik bekas.

https://lifestyle.kompas.com/read/2019/08/08/130000920/danone-aqua-luncurkan-botol-dari-100-persen-daur-ulang-di-jakarta

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke