Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kekasih Berselingkuh, Haruskah Diberi Kesempatan Kedua?

Namun, seiring berjalannya waktu kamu mungkin berpikir untuk memberinya satu kali lagi kesempatan. Sebelum memberikan keputusan, ada baiknya kamu mempertimbangkan hal berikut:

1. Apakah dia menyampaikan langsung?

Jika dia memberitahumu langsung tentang hubungannya dengan orang lain, artinya ia sebetulnya malu dengan apa yang dilakukannya.

Dia tahu bahwa dia akan berbohong padamu setiap hari jika tidak memberitahumu kebenarannya. Setelah berlaku tidak setia, setidaknya dia sudah jujur.

Sementara jika ia berlaku seperti tidak terjadi apapun, artinya dia mungkin bangga dengan fakta bahwa kamu tidak tahu apa yang dilakukannya dan kemungkinan akan menyelingkuhimu lebih parah di masa depan.

2. Situasi perselingkuhan

Selingkuh adalah selingkuh. Namun, perasaanmu mungkin berbeda jika kekasihmu terjebak dalam satu situasi yang salah dengan pola pikir yang salah dan waktu yang salah.

Jika dia mencari tambatan hati lain, menggodanya dan mengatur suasana sedemikian rupa untuk berada pada situasi tersebut, artinya dia sadar sejak lama tentang apa yang dilakukannya.

Pertimbangkan untuk memberi maaf jika dia mengatakan tidak akan melakukannya lagi dan tulus tentang itu.

3. Apakah teman-temannya tahu?

Seorang sahabat seharusnya bisa melindungi temannya dalam segala situasi, kecuali situasi yang satu ini. Ketika seseorang menyelingkuhi seseorang, artinya ia melukai pasangannya lebih dari rasa sakit biasa.

Jika kekasihmu mengatakan kepada teman-temannya dan seolah merasa biasa saja dengan perilaku tersebut, artinya dia cenderung akan menyakitimu lagi.

Tapi jika sahabat baiknya menghubungimu untuk memberi tahu, setidaknya kekasihmu pergi dengan orang yang menghormatimu dan tahu bahwa situasinya yang salah.


4. Apakah dia menyalahkanmu?

Kekasih yang buruk akan mengatakan bahwa kamu duluan yang berselingkuh, sehingga ia juga melakukannya.

Jangan terperdaya dengan orang seperti ini dan kamu tidak perlu memberinya kesempatan kedua. Kekasihmu adalah orang dewasa dan pilihan buruknya adalah tanggungjawabnya.

Jika dia tidak bahagia denganmu, seharusnya dia memilih memutuskanmu terlebih dahulu sebelum menjalin hubungan dengan orang lain.

5. Apakah hanya satu kali?

Sekali lagi, selingkuh adalah selingkuh dan tidak masalah untuk memutuskan hubungan dengan seseorang jika memang itu hanya terjadi satu kali.

Selingkuh satu kali biasanya sudah cukup bagi kebanyakan orang. Namun, jika kamu menemukan kekasihmu menyelingkuhimu lebih dari tiga kali dengan orang yang berbeda-beda, apakah kamu berani bertaruh dia tidak akan mengulangnya lagi?

Setiap situasi berbeda, namun orang yang melakukan kesalahan karena tak sengaja dan yang melakukannya berkali-kali seharusnya mendapatkan perlakuan berbeda.

6. Apakah dia minta maaf?

Setelah berselingkuh, apakah dia pernah meminta maaf secara tulus? Jika tidak, maka bisa saja itu hanya omong kosong.

Mungkin kata maafnya itu hanya karena ia tertangkap basah berselingkuh, bukan karena hal itu terjadi.


7. Apakah dia punya sejarah berselingkuh?

Jika dia melakukan hal yang sama pada mantan kekasihnya dulu ketika memutuskan membina hubungan denganmu, itu bukan karena kamu adalah belahan jiwanya. Itu lebih karena ia merasa tidak ada yang salah dengan berselingkuh.

Bahkan jika kamu melepasnya karena itu, ia tetap tidak akan belajar.

Lain kali, cobalah untuk tidak membina hubungan serius dengan orang yang kamu tahu pernah berselingkuh di masa lalunya.

8. Seberapa baik ia memperlakukan lawan jenis?

Tanyakan pada dirimu seberapa baik kekasihmu memperlakukan lawan jenis lain di luar hubungan kalian.

Jika kamu perempuan, apakah kekasihmu menunjukkan cinta dan hormat pada ibu dan kakaknya?

Banyak laki-laki memandang perempuan dalam pandangan kuat, sehingga cenderung berinteraksi lewat perasaan perempuan. Itu mungkin memberikan perspektif lebih untukmu.

Namun, jika ia memperlakukan perempuan lain seperti barang sekali pakai atau lebih rendah dari itu, maka sebaiknya kamu tak memberikannya kesempatan kedua.

9. Apakah dia membiarkanmu melihat ponselnya?

Jika kamu harus sampai seperti menyelinap dalam hubunganmu sendiri, biasanya ada situasi yang lebih buruk dari yang kamu duga. Kekasihmu mungkin menyimpan suatu rahasia darimu.

Namun jika ia terbuka dan membiarkanmu membuka ponselnya setelah mengaku bahwa ia selingkuh, maka setidaknya ia menunjukkan tidak ada lagi yang disembunyikannya darimu. Mungkin saja dia benar-benar meminta maaf tentang apa yang sudah dilakukannya.

10. Secara aktif meminta maaf

Memberikan kue kesukaanmu atau satu buket bunga saja tidak menutupi fakta bahwa kekasihmu berselingkuh.

Namun, jika ia secara terus menerus menunjukkan gestur bahwa ia serius meminta maaf padamu, mungkin dia memang benar-benar menyadari bahwa ia salah.

Namun ingatlah untuk tidak mengesankan maafmu bisa dibeli, apalagi jika kamu memang tidak siap untuk melanjutkan hubungan dengannya.

Sebab, hubungan hanya akan membaik jika kamu berdua mau maju bersama.

https://lifestyle.kompas.com/read/2019/08/13/130500120/kekasih-berselingkuh-haruskah-diberi-kesempatan-kedua-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke