Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

8 Kesalahan Umum Ketika Mendekorasi Rumah

KOMPAS.com - Ketika kita mendekorasi rumah, tentu kita ingin mendapatkan tampilan yang rapi, indah dan nyaman. Namun ternyata, ada sejumlah kesalahan umum yang dilakukan orang ketika mendekorasi rumahnya.

Mulai dari pemilihan aksesori, furnitur, hingga memilih layout. Mempercantik rumah ternyata tidak semudah yang kita kira.

Dilansir dari laman The Sun, berikut kesalahan dekorasi rumah yang masih sering dilakukan:

1. Memilih furnitur yang terlalu "matching"

Banyak dari kita yang mungkin berusaha menyamakan semua warna furnitur di rumah. Ternyata, membuat semuanya terlalu "matching" bukanlah ide yang baik.

Desainer interior Max Humphrey menjelaskan kepada Insider bahwa furnitur yang terlalu matching tersebut akan membuat suasana ruangan atau rumah kita seperti katalog jualan.

"Aku tidak akan membeli rangka tempat tidur yang matching dengan meja karena ruangan akan seperti katalog," katanya.

Ruangan terbaik adalah yang furniturnya tampak seperti dilengkapi dari waktu ke waktu.

2. Bergantung pada cahaya lampu atas

Menurut para pakar, memasang lampu pada langit-langit rumah saja tidak cukup.

Desainer interior Holly Hickey Moore menjelaskan, pencahayaan "berlapis" merupakan trik yang disarankan ketika mendekorasi rumah.

Jika memungkinkan, direkomendasikan menggunakan detail lampu pada lantai dan meja.

3. Berantakan

Apapun yang kamu lakukan, jangan mengekspos lemari-lemari yang tampak berantakan dan tidak terorganisasi dengan baik.

Caitlin Murray dari Black Lacquer Design menjelaskan, jika kamu ingin memiliki tempat penyimpanan yang terbuka, seperti lemari atau meja tinggi yang memiliki bagian terbuka, penting untuk mempertimbangkan benda apa saja yang akan kamu letakkan di sana.

"Sebab, apa yang diletakan di atasnya akan otomatis menjadi bagian dari desain ruangan," katanya.

4. Ukuran karpet tidak sesuai

Pilihlah karpet dengan bijak. Menurut para pakar, karpet di ruang keluarga seharusnya lebih lebar daripada furniturnya. Jika tidak, maka karpet tersebut dianggap terlalu kecil.

Namun untuk karpet kamar, Murray menyarankan untuk memilih karpet yang lebih panjang daripada panjang tempat tidur sehingga tidak terlihat seperti terjepit di bawahnya.

5. Mengabaikan aksesori

Moore mengatakan, penempatan detail aksesori untuk menghias rumah kita adalah sesuatu yang harus dipikirkan.

"Aksesori sama pentingnya seperti furnitur besar, karpet, televisi, atau apapun yang kamu gunakan untuk mengisi ruang," katanya.

6. Memilih furnitur kebesaran

Jangan memilih furnitur yang terlalu besar di ruangan kita. Christine Stucker dari Stewart-Schafer mengatakan kepada My Domaine bahwa ketika memilih furnitur, perbanyak lah furnitur yang cenderung lebih kecil.

Cerdas dan bijaklah ketika memilih furnitur rumah agar kamu memiliki ruang lebih untuk duduk tanpa membiarkan furnitur-furnitur yang ukurannya terlalu besar.

"Daybed dan kursi taman adalah solusi sempurna untuk membuat ruang terlihat lebih luas dengan tetap mendapatkan tampilan yang cantik," kata Stucker.

Lalu ketika memilih sofa, misalnya, pilihlah sofa yang ramping ketimbang besar. Tempat duduk yang terlalu besar menambah kesan berat pada ruangan sehingga menghilangkan desain asalnya.

7. Kurangnya kontras

Desainer interior Katie Hodges mengungkapkan, salah satu kesalahan terbesar orang-orang ketika mendekorasi rumahnya adalah tidak mempertimbangkan kontras ketika menata ruangan.

"Ketika kamu membuang elemen warna, kamu harus fokus dengan memilih kontras seperlunya dan memberi sentuhan menarik dalam cara lain untuk membuat kesan ruangan yang bagus," katanya kepada My Domaine.

Misalnya, jika kamu memilih meja makan berwarna gelap. Hodges merekomendasikan memilih karpet dengan warna lebih terang dan kursi yang setidaknya tiga tingkat lebih terang atau lebih gelap.

8. Gorden terlalu pendek

Pastikan kamu memilih gorden dengan panjang yang sesuai. Jika tidak, maka tata ruangmu akan gagal total.

"Tidak ada yang lebih aneh daripada gorden yang panjangnya kurang lima inci dari lantai," kata desainer interior Tali Roth.

Kesalahan memilih gorden akan merusak semua usaha penataan dekorasi ruang.

Hodges menambahkan, ketika memilih gorden yang sudah jadi, pastikan kamu memilih yang panjanganya mencapai lantai.

Kamu bahkan lebih baik membeli yang ukurannya lebih besar untuk kemudian dipotong sesuai panjang yang diperlukan, ketimbang membeli gorden yang terlalu pendek.


https://lifestyle.kompas.com/read/2019/08/21/115558120/8-kesalahan-umum-ketika-mendekorasi-rumah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke