Salin Artikel

Jarang Disadari, Tanaman dalam Ruangan Bermanfaat Bagi Kesehatan

KOMPAS.com - Berbahagialah kamu, para pecinta tanaman dan mereka yang memelihara tanaman dalam ruangan di rumah atau kantor!

Tanaman yang biasanya berfungsi sebagai tambahan dekorasi ini, ternyata memiliki manfaat bagi kesehatan.

Banyak peneliti yang sudah melakukan riset mengenai kaitan antara memelihara tanaman dengan kesehatan manusia. Sejauh ini, tidak ada satu pun hasilnya yang menunjukkan dampak negatif dari memelihara tanaman dalam ruangan.

Kita bahkan dianjurkan untuk meletakkan satu pot tanaman pada tiap 9 meter persegi ruangan, untuk merasakan manfaatnya.

Manfaat memelihara tanaman dalam ruangan bagi kesehatan

Tanaman dapat membuat orang-orang yang melihatnya merasa tenang dan rileks. Tak hanya bernilai estetika, ada baiknya kamu juga mengetahui sederet manfaatnya bagi kesehatan di bawah ini:

1. Mampu membersihkan racun

Kita menghabiskan sebagian besar waktu kita dengan berada di dalam ruangan. Karena itu, terjaganya kualitas udara sangat penting untuk kesehatan kita.

Polusi udara dalam ruangan dapat meningkatkan risiko terserang beberapa penyakit. Mulai dari penyakit jantung iskemik, stroke, penyakit paru-paru kronis, infeksi pernapasan pada anak-anak, serta kanker paru-paru.

Tanaman dapat membersihkan udara dari polusi yang ada dalam ruangan, termasuk volatile organic compounds (VOC).

VOC adalah komponen bahan kimia organik yang dapat menguap dan mencemari udara, baik pada saat proses produksi, aplikasi, hingga barang jadi. Misalnya, dalam cat tembok, pelapis furnitur, lem, maupun triplek.

Paparan VOC yang terus-menerus (khususnya toluene dan xylene) berpotensi memicu gangguan kesehatan jangka panjang. Salah satunya adalah demensia.

Layaknya spons, tanaman dapat menyerap senyawa beracun dari udara secara alamiah. Menurut sebuah penelitian, menempatkan tanaman dalam ruangan berpotensi menurunkan kadar VOC dalam ruangan tersebut.

Oleh sebab itu, tanaman dikenal pula sebagai pembersih udara pertama yang ada di alam. Tidak hanya senyawa berbahaya dari bahan bakar, tanaman dalam ruangan juga dapat menghilangkan polusi yang berasal dari perabotan maupun pakaian.

Tanaman dalam ruangan digadang-gadang dapat membuat kita lebih sehat dan jarang sakit. Dengan memelihara tanaman, risiko beberapa penyakit dapat dikurangi. Misalnya, kelelahan, batuk, mata gatal, hidung yang beringus, dan tenggorokan yang kering.

Udara yang kering maupun debu bisa saja membuat indera pernapasan kita terganggu. Keberadaan tanaman diperkirakan bisa menambah kelembapan udara dalam ruangan tanpa berlebihan, sehingga dapat memperbaiki kondisi udara. Manfaat ini kemungkinan berasal dari air yang terkandung pada tanaman.

Sebuah studi juga menemukan bahwa keberadaan debu dapat berkurang hingga 20% berkat adanya tanaman dalam ruangan. Pasalnya, tanaman dapat menyaring mikroba di udara, yang berpotensi menginfeksi atau mengiritasi saluran napas.

3. Mampu meningkatkan empati

Menurut sebuah studi, orang yang menghabiskan waktu lebih banyak untuk merawat alam, cenderung menjadi lebih peduli terhadap orang lain. Merawat tanaman bisa membantu kita meningkatkan kasih sayang dan hubungan dengan orang lain.

Oleh sebab itu, memelihara tanaman dapat mengajarkan pemiliknya agar memiliki empati yang lebih tinggi terhadap orang lain.

4. Dapat memperbaiki suasana hati

Menyentuh tanaman yang lembut juga dapat memberikan efek penenang. Sebagai contoh, bunga yang biasanya diletakkan dalam ruangan sebagai hiasan, dikatakan mampu memperbaiki suasana hati atau mood pada orang-orang yang berada di ruangan tersebut.

Studi tertentu juga menemukan bahwa bunga memiliki dampak langsung pada kebahagiaan dan bisa meningkatkan daya ingat, khususnya ketika sedang ada acara tertentu.

Mungkin itulah alasan mengapa meletakkan tanaman dalam ruangan dapat menjadi pembangkit suasana hati yang baik. Pasalnya, langkah ini bisa meningkatkan energi positif, optimisme, dan rasa stabilitas.

Terlalu lama menatap layar komputer dapat meningkatkankejenuhan yang berujung pada penurunan tingkat produktivitas. Efek negatif ini bisa saja dinetralkan dengan adanya tanaman dalam ruangan. Apa alasannya?

Saat mata lelah, kita bisa mengalihkan pandangan dengan melihat tanaman yang tersedia dalam ruangan. Dengan ini, perhatian dapat terbaharui. Namun indera dan fungsi otak tetap terjaga, sehingga kreativitas dan produktivitas dapat dipertahankan.

10 jenis tanaman dalam ruangan yang bisa kita manfaatkan

Terdapat banyak sekali tanaman yang bisa kita pelihara di dalam ruangan. Namun beberapa tanaman dalam ruangan berikut ini dikatakan dapat membantu dalam memurnikan udara di sekitar kita:

Namun harap diingat bahwa beberapa tanaman dalam ruangan bisa saja menjadi racun bagi kita maupun hewan peliharaan. Jadi, harus cermat dalam memilihnya.

Bila perlu, kamu bisa berkonsultasi pada dokter terlebih dulu guna mengetahui keamanan dari tanaman dalam ruangan yang hendak dipilih. Terutama apabila kamu memiliki riwayat alergi tertentu.

https://lifestyle.kompas.com/read/2019/08/22/153159720/jarang-disadari-tanaman-dalam-ruangan-bermanfaat-bagi-kesehatan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.