Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Berbisnis Sejak Remaja, Mengasah Keberdayaan dan Kreativitas

Membuka usaha di usia remaja juga dianggap memiliki sejumlah keuntungan.

Country brand manager Shopee Indonesia Rezki Yanuar mengungkapkan, salah satu yang menjadi sorotan saat memulai usaha di usia remaja adalah cara berpikir.

"Mereka tahu untuk berpikir kritis, berpikir kreatif dan cara untuk bangun lagi ketika jatuh," ujar Rezki, Palembang, Sumatera Selatan, Sabtu (24/8/2019).

Saat ini, menurut Rezki, belum ada pola khusus kecenderungan bisnis yang digarap anak muda.

Usaha yang digagas juga tergolong beragam, mulai dari fesyen hingga kuliner. Hal ini tak lepas dari kemauan diri masing-masing remaja.

"Mereka menjual yang mereka mau. Misal ada yang jual slime, kalau enggak salah masih sekolah," katanya.

"Itu masih dibilang cenderung kesukaan mereka ke mana."

Jika dilihat secara umur, Rezki mengakui, anak-anak remaja di usia 15-18 tahun belum mengetahui betul apa yang dilakukan dalam bisnis.

Membuka usaha bisa karena alasan senang-senang, mengisi waktu hingga mencari uang tambahan.

Oleh karena itu, Rezki menyebut, Shopee tergerak untuk membuat program Muda Berdaya yang digagas bersama Semua Murid Semua Guru (SMSG).

Program pendidikan ini berangkat dari pemahaman akan potensi kewirausahaan yang dinilai mampu menjawab tantangan zaman dan industri, karena mampu mengasah keberdayaan, kemandirian, dan juga kreativitas generasi muda.

Plus, tantangan yang dihadapi oleh sumber daya manusia di Indonesia berkembang menjadi semakin kompleks dengan kecepatan perubahan yang semakin pesat.

Diperlukan terobosan dan inovasi untuk dapat meningkatkan jumlah mahasiswa di seluruh perguruan tinggi di Indonesia dengan mutu yang baik dan relevan dengan kebutuhan pembangunan dan pasar kerja.

Rezki melanjutkan, program ini dirancang menjadi solusi relevan untuk menjawab dinamika dunia industri yang berubah dengan begitu cepat.

"Pendekatan yang dilakukan untuk menanggulangi tantangan tersebut adalah mendorong generasi muda untuk menjadi wirausahawan," katanya.

https://lifestyle.kompas.com/read/2019/08/24/184116720/berbisnis-sejak-remaja-mengasah-keberdayaan-dan-kreativitas

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke