Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Leonardo DiCaprio Komitmen Sumbang Rp 71 Miliar untuk Hutan Amazon

Betapa tidak, hutan Amazon yang notabene sebagai salah satu paru-paru dunia kian tak menentu nasibnya, karena kebakaran tersebut.

Banyak yang tergerak karena kondisi tersebut, termasuk aktor dan aktivis lingkungan Leonardo DiCaprio.

Bersama organisasi nirlaba Earth Alliance, DiCaprio berkomitmen melakukan pembentukan dana darurat sebesar 5 juta dolar atau Rp 71 miliar.

Dana tersebut untuk memfokuskan sumber daya kritis bagi masyarakat adat dan mitra lokal lainnya yang bekerja untuk melindungi kelangsungan hidup keanekaragaman hayati Amazon.

Pekan lalu terungkap kepada khalayak, hutan hujan Amazon terbakar karena ulah manusia tak bertanggungjawab.

Menurut Business Insider, lebih dari 9.500 kebakaran hutan baru dimulai di seluruh Brasil di lembah hutan sejak 15 Agustus, di mana ilmuwan mencatat lebih dari 74.000 kebakaran di seluruh Brazil selama tahun 2019.

Jumlah tersebut kira-kira dua kali lipat dari jumlah 40.000 kebakaran pada 2018. Plus, situasi ini menandai "peningkatan 83 persen" dibandingkan tahun lalu.

Kebakaran menjadi sangat buruk, sehingga menyebabkan negara bagian terbesar di Brazil, Amazonas, secara efektif mendeklarasikan keadaan darurat pada Senin lalu.

Kebakaran tersebut menyebabkan area seluas 519 mil persegi terbakar (kira-kira dua kali ukuran Tokyo), serta lapisan asap selebar 1,2 juta mil persegi.

Kondisi itu praktis menghalangi matahari pada waktu-waktu tertentu di kota-kota seperti Sao Paulo, yang ribuan mil jauhnya dari sebagian besar kebakaran.

Sebagian besar ini terkait dengan taktik pertanian Brasil membakar lahan hutan untuk penggembalaan ternak skala besar dan memberi makan tanaman.

Teknik merusak itu dianggap kian langgeng di masa presiden baru Brasil, Jair Bolsonaro. Plus, Jair juga menurunkan jumlah denda untuk deforestasi ilegal dan penambangan.

Kebakaran tidak hanya menyebabkan kerusakan yang tidak dapat diperbaiki terhadap pasokan oksigen dunia.

Efek lain adalah konsekuensi kesehatan, sebab manusia dan hewan menghirup berbagai bahan kimia melalui asap, yang bisa memakan waktu berminggu-minggu (atau bahkan berbulan-bulan) untuk menyerap atmosfer bumi.

https://lifestyle.kompas.com/read/2019/08/26/213919520/leonardo-dicaprio-komitmen-sumbang-rp-71-miliar-untuk-hutan-amazon

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke