Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Apa yang Dilakukan Daniel Mananta Sambil Berlari?

JAKARTA, KOMPAS.com - Banyak orang jogging atau berlari sambil mendengarkan musik. Ada juga yang sambil menikmati pemandangan. Tapi yang dilakukan aktor Daniel Mananta sungguh unik.

Beberapa orang yang dekat dengan VJ Daniel menceritakan bahwa pendiri brand Damn I Love Indonesia itu suka mendengarkan pidato saat berlari. Pidato seperti apa?

Nah, saat ditanya soal kebenaran kabar tersebut, Daniel mengakui bahwa ia sering kali berlari sambil mendengarkan ceramah-ceramah motivasi.

"Kebanyakan memang aku lari sambil dengar speech tentang motivasi, atau kotbah, atau hal-hal yang positif," kata Daniel sambil berlari di lintasan Gelora Bung Karno, Rabu sore (21/8/2019).

Ia pun lalu membuka ponselnya sambil menunjukkan aplikasi dan daftar podcast yang ia dengarkan. Layar ponsel itu penuh dengan judul-judul yang sering ia dengarkan.

Lalu apa tujuan Daniel mendengarkan ceramah motivasi itu?

"Ini bukan untuk mendapatkan tambahan semangat sih. Aku kan model orang yang larinya nggak cepat-cepat lah. Aku menikmati saat berlari, jadi sekalian mengisi jiwa," ujar brand ambassador adidas itu sambil tertawa.

Menurut Daniel, apa yang dilakukannya bisa menjadi semacam renungan, bahkan meditasi. "Asli ini jadi waktu meditasi juga buat aku," ujarnya.

Sementara meditasi bisa digunakan sebagai cara untuk mengurangi stres, menghilangkan depresi, bahkan kecemasan.

Lalu bagaimana orang bisa melakukan meditasi saat berlari?

Chandresh Bhardwaj, pendiri program meditasi Break The Norms menjelaskan, “Saat kamu terlibat sepenuh hati dan mendalam dalam sebuah aktivitas, maka kamu akan menjadi meditatif."

Hal itu dibenarkan pelari Olimpiade asal Arab Saudi, Sarah Attar. "Banyak saat-saat berlari berubah menjadi meditasi karena kita mengikuti irama alam. Saya menjadikan saat berlari untuk menjadi waktu refleksi, eksplorsi, dan mendapatkan rasa mindfulness," ujarnya.

Sebuah study tahun 2016 yang dipublikasikan di Translational Psychiatry menemukan bahwa menggabungkan berlari atau jalan kaki dengan meditasi bisa mengurangi gejala depresi hingga 40 persen.

Jadi jika kamu berlari sambil meditasi seperti Daniel Mananta, maka manfaat kesehatan yang didapat bukan saja fisik, namun juga mental. Tak heran bila VJ Daniel banyak tertawa saat berlari.

https://lifestyle.kompas.com/read/2019/08/27/153754920/apa-yang-dilakukan-daniel-mananta-sambil-berlari

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke