Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

New Balance Seret Nautica ke Muka Hukum, Ada Apa?

Sejak pertama kali merilis varian 320 trainer di tahun 1976, New Balance mengklaim telah menghiasi hampir seluruh produk alas kaki dan pakaian mereka dengan logo "N".

Nah, pada bagian ini Nautica dituduh telah melakukan perbuatan melawan hukum dan merugikan, karena mengambil logo "N" milik New Balance.

Seperti dilansir laman thefashionlaw.com, gugatan tersebut disampaikan melalui Pengadilan Federal Amerika Serikat di Massachusetts, pada 21 Agustus 2019.

Di dalam gugatan itu disebut, New Balance mengklaim telah sudah secara konsisten selama beberapa dekade menggunakan "N" pada berbagai produk.

Produsen sepatu asal AS ini juga mengaku telah menghabiskan dana yang besar untuk mempromosikannya.

Hasilnya, konsumen menjadi sangat mengenal "N" yang identik dengan produk milik New Balance.

Di sinilah pokok permasalahannya. Nautica disebut baru beberapa waktu terakhir mulai menggunakan huruf kapital "N" pada berbagai produk pakaian dan alas kaki mereka. 

Dengan menggunakan "N" pada sepatu, sandal, kaus, dan sejumlah produk lain, Nautica seperti hendak membuat kebingungan di tengah pasar.

Atau, jika tidak demikian, konsumen bisa menyangka Nautica adalah bagian dari New Balance, baik dalam bentuk afiliasi, anak perusahaan, atau pun koneksi tertentu.

Potensi kebingungan dan pandangan keliru konsumen semacam itulah yang hendak dihindari New Balance dengan melayangkan gugatan tersebut.

Lantas, apakah kasus ini akan bergulir dengan mudah? Tentu saja tidak.

Lagipula, New Balance tidak memiliki hak untuk secara sepihak melarang orang lain menggunakan huruf N pada produksi alas kaki maupun pakaian mereka.

Faktanya, poin pendaftaran merek dagang New Balance yang lalu menjadi rujukan dalam gugatan, memiliki pengaturan yang lebih sempit dibandingkan masalah yang dikaitkan dengan Nautica.

Sebab, alih-alih menjadi pemilik "huruf N", pendaftaran merek New Balance secara khusus hanya mencakup representasi gaya huruf N dengan bingkai/list berwarna kontras.

Sementara, desain produksi Nautica yang disasar New Balance hanya memakai huruf "N" dengan model yang cuma identik, meski lengkap dengan bingkai berwarna di pinggirnya.

Lalu, untuk produk alas kaki Nautica -penggunaan huruf N pun terlihat berbeda, dan juga tak disoroti dalam surat gugatan tersebut.

Pengacara merek dagang dan mantan pemeriksa di United States Patent and Trademark Office (USPTO) Ed Timberlake angkat bicara.

Menurut dia, meski "N" pada Nautica tidak cocok dengan deskripsi pada registrasi merek New Balance.

Namun demikian, bukan berarti New Balance tak bisa mengajukan gugatan pelanggaran atas kerugian yang mungkin mereka rasakan. 

Bahkan, kata Timberlake, New Balance mungkin memiliki lebih banyak hak daripada yang terlihat.

Sebab, New Balance mungkin telah menjalin hubungan dalam pikiran banyak orang tentang hubungan "N" dan sepatu mereka.

Lebih dari itu, kata Timberlake, karena pengujian untuk pelanggaran merek dagang melibatkan adanya pertimbangan kemungkinan kebingungan, maka mungkin New Balance bisa mendapatkan ruang konseptual dari registrasi atas logo "N" ini.

Sayangnya, perwakilan Nautica dari perusahaan yang menaungi merek tersebut, Authentic Brands Group, belum memberikan komentar terhadap gugatan tersebut.

https://lifestyle.kompas.com/read/2019/08/28/114714120/new-balance-seret-nautica-ke-muka-hukum-ada-apa

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke