Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

10 Cara Turunkan Berat Badan Tanpa Olahraga

KOMPAS.com - Hal yang wajar jika semua orang ingin memiliki tubuh ideal. Tapi untuk mendapatkan tubuh ideal, perlu proses. Menggunakan jalan pintas hanya akan merusak kesehatan saja.

Olahraga merupakan "jurus" yang digaungkan para ahli sebagai cara paling jitu untuk memiliki tubuh ideal.

Namun, tidak semua orang memiliki banyak waktu untuk berolahraga. Seringkali, rasa malas pun menghalangi niat kita untuk melakukan aktivitas fisik dengan berjuta manfaat ini.

Lalu, adakah cara ampuh menurunkan berat badan tanpa harus berolahraga?

Merangkum laman Reader's Diggest, berikut 10 cara menurunkan berat badan tanpa olahraga:

1. Sauna

Menurut riset yang diterbitkan Complementary Therapies in Medicine, duduk selama 25 menit di sauna setara dengan melakukan latihan singkat intensitas sedang.

Dari hasil riset teruji, peserta yang mengeluarkan keringat mengalami peningkatan tekanan darah dan detak jantung yang serupa dengan olahraga.

2. Baca label kemasan

Mengonsumsi minuman manis adalah penyebab utama obesitas. Cukup dengan mengurangi konsumsi minuman manis, kita bisa menurunkan berat badan 0,5 kilogram per minggu.

Memang tidak mudah menahan godaan dari minuman manis yang menyegarkan ini.

Untuk mengakalinya, bacalah label minuman yang akan kita konsumsi.

Menurut riset dalam Cochrane Review, orang yang membaca label minuman sebelum mengonsumsinya cenderung menghindari minuman bersoda yang penuh gula.

3. Matikan lampu saat tidur

Banyak orang malas mematikan lampu ketika tidur karena alasan takut. Padahal, tidur dalam kondisi gelap memberi manfaat besar.

Riset yang dilakukan National Institute of Health mengungkapkan, paparan cahaya buatan saat tidur dapat mengakibatkan kenaikan berat badan.

4. Konsumsi camilan sehat

Mengonsumsi makanan yang diproses, seperti makanan cepat saji, keripik dan permen dapat membahayakan kesehatan.

Sebagai gantinya, ganti camilan tersebut dengan yang lebih sehat atau kita bisa membuatnya sendiri agar lebih terjamin.

5. Hindari soda diet

Mengonsumsi soda diet nampaknya tak akan memberi pengaruh apapun pada berat badan karena kandungan kalorinya yang rendah.

Namun, riset dalam applied Physiology, Nutrition and Metabolism membuktikan, pemanis buatan yang sebagian besar digunakan oleh minuman bebas kalori juga bisa membuat berat badan melonjak.

Menurut peneliti, bahan kimia buatan dapat mengganggu enzim dan hormon penting dalam tubuh, yang menyebabkan peningkatan ukuran pinggang.

6. Kontrol porsi makan

Mengontrol porsi makan adalah salah satu cara menurunkan berat badan tanpa olahraga.

Untuk melakukannya, kita bisa menggunakan piring yang kecil atau membeli berbagai makanan yang dikemas hanya dalam satu porsi.

Menurut riset dalam Jurnal Obesity, mereka yang mengontrol porsi makan mampu menurunkan berat badan lebih banyak daripada yang lainnya.

7. Bersihkan dapur

Menurut riset yang diterbitkan dalam Environment and Behavior, dapur yang berantakan juga berdampak pada berat badan kita.

Menurut riset, orang-orang yang makan di dapur berantakan mengonsumsi makanan ringan dua kali lebih banyak daripada mereka yang membersihkan dapur.

Saat hari-hari dipenuhi kesibukan, melakukan pekerjaan rumah bisa menjadi hal terakhir yang akan kita lakukan.

Tapi jika ingin memiliki berat badan ideal, cobalah lebih rajin untuk membersihkand dapur.

8. Sebisa mungkin hindari polusi

Menurut riset dari University of Southern, orang yang tinggal di daerah tinggi polisi cenderung memiliki berta badan yang tinggi.

Kita bisa meminimalisir polusi udara dengan berlibur atau hangout di tempat dengan udara bersih seperti kafe bebas asap rokok atau berlibur di pedesaan.

Selain itu, kita juga bisa membeli filter untuk meningkatkan kualitas udara di rumah kita.

9. Minum banyak air putih

Orang yang minum banyak air akan merasa lebih kenyang dan makan lebih sedikit.

Menurut riset dalam Journal of Endocrinology and Metabolism, orang yang minum enam cangkir air putih sehari mengalami peningkatan metabolisme hingga 12 persen dan membakar 50 kalori ekstra.

Tubuh bekerja lebih keras untuk membawa air ke suhu yang lebih hangat untuk mencernanya sehingga membakar lebih banyak kaori.

Memang jumlah kalori yang dibakar tidak terlalu banyak. Namun seiring waktu, ini sangat membantu kita untuk menurunkan berat badan.

10. Konsumsi kacang-kacangan setiap hari

Menurut riset dalam Emrican Journal of CLinical Nutrition, mengonsumsi banyak kacang-kacangan sangat membantu menurunkan berat badan.

Dalam studi tersebut terungkap bahwa orang yang mengonsumsi 3/4 cangkir kacang sehari mampu menerunkan berat badan 0,5 kilogram per minggu meski tanpa olahraga atau diet.

Kacang-kacangan juga kayak akan protein yang membuat kita kenyang lebih lama.

https://lifestyle.kompas.com/read/2019/09/01/081854920/10-cara-turunkan-berat-badan-tanpa-olahraga

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke