Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

8 Kebiasaan Pagi Hari Orang-Orang Paling Sehat dan Bahagia

KOMPAS.com - Banyak dari kita yang terburu-buru di pagi hari untuk bersiap menghadapi rutinitas harian. Bahkan kita mengatur banyak sekali alarm agar bisa terbangun untuk bersiap-siap.

Ketika bangun kesiangan, banyak aktivitas yang terlewat. Mulai dari lupa mengenakan deodoran, tidak membawa dompet, tidak sempat sarapan, dan lainnya. Itulah rutinitas harian yang banyak dijalani orang-orang.

Namun, tahukah kamu bahwa orang-orang yang bahagia dan sehat sangat menikmati rutinitas pagi hari mereka.

Mereka biasanya juga memiliki kebiasaan pagi hari yang bisa meningkatkan kesejahteraan diri mereka dan memberikan arti bagi hari mereka.

Inilah rutinitas pagi hari orang-orang paling bahagia dan sehat seperti dijelaskan oleh Ahli gizi teregistrasi sekaligus pelatih kebugaran tersertifikasi AFPA, Naomi Teeter dari laman mindbodygreen.com:

1. Bangun pagi dengan rasa syukur

Berlatih bersyukur seringkali dikaitkan dengan rasa kebahagiaan dan suasana hati yang lebih baik. Maka, masuk akal jika orang-orang paling bahagia dan sehat memulai hari mereka dengan bersyukur.

Artinya, mereka benar-benar mengapresiasi apa yang mereka alami dalam hidup. Misalnya, mengekspresikan rasa syukur pada pasangan ketika bangun di pagi hari atau menuliskan hal-hal yang mereka syukuri pada sebuah buku setiap harinya.

2. Memulai sesuatu yang baru setiap pagi

Orang-orang paling bahagia dan sehat tahu bahwa setiap hari adalah lembaran yang baru. Hari baru bagi mereka adalah kesempatan untuk memulai hal baru dan melakukan sesuatu hal berbeda.

Mereka mungkin gagal di hari sebelumnya, namun mereka berusaha meraih kesuksesan hari ini. Hari buruk kemarin tidak akan merusak hari-hari mereka ke depan.

Banyak dari orang-orang yang paling bahagia merupakan pribadi yang spiritual. Afirmasi adalah cara mengingatkan diri kita atas semua hal yang telah kita lakukan untuk diri kita dan membayangkan kita ingin menjadi individu seperti apa.

Sedangkan meditasi membantu pikiran kita lebih fokus, menenangkan syaraf-syaraf tegang dan mendapatkan ketenangan jiwa.

Jika kamu menjadi pribadi yang spiritual, berdoa adalah cara yang baik untuk terhubung dan bersyukur pada sesuatu yang kamu percaya sebagai kekuatan tertinggi.

Orang-orang yang bahagia biasa menggunakan afirmasi untuk mendeklarasikan bagaimana hari mereka berjalan.

Steve Jobs, misalnya, mengawali rutinitas pagi dengan melihat cermin dan berbicara dengan dirinya sendiri: "jika hari ini hari terakhirku hidup, apakah aku mau melakukan apa yang akan kulakukan hari ini?"

Benjamin Franklin juga bertanya pada dirinya sendiri setiap pagi, tentang apa yang harus dilakukannya hari itu kemudian melakukan serangkaian hal untuk menemukan jawabannya. Seperti meditasi atau berdoa kemudian mencoba menjalani rutinitas pagi harinya.

4. Membaca

Beberapa orang-orang bahagia dan sehat meluangkan waktu untuk membaca kitab suci di pagi hari atau membaca cerita-cerita inspiratif untuk memulai hari.

Rutinitas memperkaya diri dengan literatur digunakan untuk memperoleh wawasan dan pengetahuan yang lebih setiap harinya.

Tidak hanya memulai hari dengan hal positif, tetapi juga memenuhi pikiran mereka dengan ide-ide baru untuk membantu mereka menjalani hari.

5. Menjadikan segala hal sederhana

Rutinitas pagi yang kompleks sangat sulit untuk dijalani secara konsisten dan seringkali membuat kita gagal.

Rutinitas pagi hari terbaik adalah yang sederhana untuk dijalani dan bisa dipersiapkan di malam harinya.

Seperti menyiapkan pakaian kerja, menyiapkan makan siang, menyiapkan kopi yang akan diminum pagi hari, dan hal lainnya yang bisa dilakukan di malam hari sehingga kamu bisa bekerja lebih cepat di pagi hari.

Menyederhanakan rutinitas bisa membatasi aktivitas multitasking yang banyak orang lakukan di pagi hari. Aktivitas multitasking seringkali menimbulkan stres dan kecemasan yang bisa mencuri ketenanganmu di pagi hari.

Olahraga mampu meningkatkan hormon-hormon pada otak, seperti serotonin, dopamin dan norepinefrin, yang bisa membantu mengurangu efek stres dan melepaskan gejala-gejala depresi.

Olahraga di pagi hari membuat kita tidak perlu melakukannya lagi di akhir rutinitas ketika tubuh mungkin sudah lelah. Bagi mereka, motivasi berolahraga di pagi hari juga lebih besar daripada waktu lainnya.

Olahraga di pagi hari juga memperlancar aliran darah dan memberikan kita lebih banyak energi untuk menjalani hari.

Sebuah studi yang dipublikasikan di Journal of Health Psychology juga mengungkapkan bahwa olahraga mampu membuat kita merasa puas dengan kondisi fisik kita, bahkan ketika kita tidak mengalami penurunan atau peningkatan berat badan.

7. Mendapatkan udara segar

Jalan-jalan pagi bermanfaat untuk semua makhluk hidup. Jalan kaki juga terbukti mampu menstimulasi kreativitas pada otak yang bisa membuat pagi hari kita lebih baik.

Jika kamu memiliki anjing peliharaan, mengajaknya jalan-jalan pagi bisa menjadi ide bagus.

8. Mengapresiasi hal yang dimiliki dalam hidup

Apakah jalan-jalan dengan anjing peliharaan atau bersantai di kursi kesukaan sambil menikmati angin sepoi-sepoi, orang-orang paling bahagia dan sehat mengapresiasi hari-hari mereka dan lingkungan sekitar mereka.

Melakukan kebiasaan tersebut membuat mereka mampu merasakan hal-hal yang penting dalam hidup. Ini adalah tentang kebijaksanaan seseorang dalam menyaksikan sejumlah momentum dalam hidupnya.

Nah, jika kamu ingin menjadi individu yang bahagia dan bugar, ada baiknya untuk mencoba menerapkan delapan hal tersebut di setiap pagimu.


https://lifestyle.kompas.com/read/2019/09/02/120528820/8-kebiasaan-pagi-hari-orang-orang-paling-sehat-dan-bahagia

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke