Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tips dan Mitos Seputar Rambut Wajah Pria

KOMPAS.com - Rambut di beberapa bagian wajah memang menambah kesan maskulin bagi pria. Namun, tanpa perawatan yang tepat justru semakin memperburuk penampilan.

Berikut trik merawat rambut di wajah demi penampilan yang keren:

1. Jika tidak yakin berapa panjang jenggot atau rambut wajah yang kita inginkan, ukurlah dari bagian sudut kepala menuju bawah.

2. Gunakan sisir jenggot untuk merapikan rambut wajah, termasuk kumis. Rapikan semua rambut wajah yang menonjol atau menggantung di dekat bibir.

3. Gunting rambut wajah untuk memangkas kumis.

4. Gunakan pelindung pencukur atau trimmer guard yang sesuai dengan wajah kita. Seringkali, pelindung alat cukur berbeda-beda dari satu perangkat ke perangkat lainnya. Panjang pelindung seringkali ditentukan oleh jenis pemangkas, apakah khusus untuk jenggot atau kumis.

5. Rapikan rambut wajah saat kering agar tertata lebih apik dan tidak mudah berantakan.

Untuk membuat gradasi, kita bisa menggunakan alat pencukur dengan cara sebagai berikut:

Atur kecepatan saat mencukur: Atur kecepatan alat pencukur ke nomor tiga dan cukur seluruh rambut wajah.

Bersihkan bagian bawah leher: Kurangi kecepatan alat pencukur ke nomor 1 dan cukur bersih bagian bawah leher hingga lima sentimeter di bawah rahang.

Bentuk gradasi: Alihkan kecepatan alat ke nomor 2 dan arahkan ke area yang masih terdapat rambut. Cukur dengan lembut dan buat gradasi yang diinginkan.

Bersihkan sisa rambut yang menonjol: atur kecepatan alat cukur hingga nol dan arahkan alat ke bagian leher dan bersihkan bagian sisi leher kita.

Cara merapikan garis-garis rambut di wajah

Sebelum mencukur jenggot, rapikan garis-garis rambut di area leher untuk mencegah tumbuhnya rambut di area leher sehinga terlihat lebih rapi.

Untuk merapikan garis-garis rambut di wajah, letakan dua jari di atas jakun. Bayangkan bentuk-U yang terhubung ke bagian belakang setiap telinga, dan bertemu di tengah-tengah di bagian bawah U. Cukur semua rambut di bawah garis ini dengan pisau cukur atau alat cukur elektrik.

Cara mencukur jenggot dengan rapi

Gunakan alat cukur dengan vakum agar dapat memangkas 90 persen rambut wajah yang berantakan. Cara ini juga menghemat 10 menit waktu kita.

Mitos tentang perawatan rambut wajah

Ahli dermatologi New York, Dr. David Colbert, mengatakan ada tiga mitos keliru seputar peraatan rambut wajah yang beredar di masyarakat. Berikut mitos tersebut:

- Makanan dan vitamin tertentu membuat jenggot tumbuh lebih cepat

Menurut Colbert, tidak ada makanan atau vitamin yang membuat jenggot tumbuh lebih cepat. Namun, kita memang membutuhkan asam amino atau protein dalam makanan kita untuk menumbuhkan rambut di wajah.

Kekurangan protein juga bisa menyebabkan anemia yang mengarah pada penipisan rambut. Biasanya, dokter akan meresepkan suplemen seperti biotin untuk memperkuat rambu dan pertumbuhan jenggot. 

- Sering bercukur membuat jenggot tebal

Bercukur sama sekali tak akan membuat rambut tumbuh lebih tebal. Namun, saat sering bercukur rambut menjadi seperti duri-duri tajam dan tebal.

- Jenggot bewarna abu-abu lebih kasar

Folikel rambut menjadi lebih kecil seiring bertambahnya usia. Jenggot yang bewarna abu-abu sebenarnya tidak jauh berbeda dari jenggot biasa. Tapi jika terasa lebih kasar, itu karena tidak dikondisikan dengan benar atau bercabang di bagian ujungnya.

Mengindari gatal pada rambut wajah

Rambut wajah juga membutuhkan nutrisi agar tumbuh dengan baik. Cara terbaik untuk menghindari hal ini adalah dengan mengaplikasikan minyak jenggo, krim pelembap dan suplemen secara rutin agar rambut wajah lembut dan tidak mudah kusut.

Produk-produk tersebut juga membantu melembabkan kulit di bawah rambut, mencegah ketombe dan kulit kering.

https://lifestyle.kompas.com/read/2019/09/05/151829720/tips-dan-mitos-seputar-rambut-wajah-pria

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke