Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

16 Manfaat Renang Bagi Tubuh yang Tak Bisa Diremehkan

KOMPAS.com - Tahukah kamu bahwa manfaat renang bagi tubuh ternyata luar biasa? Olahraga yang bisa dilakukan semua orang dari segala usia ini rupanya terbukti lebih efektif daripada latihan angkat beban dan berlari.

Berenang bolak-balik dari ujung ke ujung kolam renang, dapat menjadi alternatif lain bagi mereka yang bosan dengan latihan yang itu-itu saja, seperti berlari di atas treadmill.

Pasalnya, olahraga ini dapat menciptakan perasaan menyenangkan, dengan peluang cedera yang lebih kecil.

Berenang dalam air hangat dapat memberikan efek menenangkan pada otot-otot yang pegal. Sebaliknya, berenang saat cuaca panas bisa membuat kita tetap dalam keadaan ‘dingin’.

Dengan memilih renang sebagai olahraga rutin atau hobi, kita dapat memperoleh manfaatnya bagi kesehatan mental dan fisik di bawah ini:

1. Melatih seluruh tubuh

Ketika berenang, kita akan menggunakan hampir seluruh otot utama tubuh. Mulai dari lengan, kaki, hingga perut.

2. Memperkuat otot kardiovaskular

Sebagai salah satu latihan kardio, manfaat renang bagi tubuh bisa didapatkan karena berenang bisa memperkuat otot jantung dan paru-paru, serta menyehatkan sistem pernapasan. Oleh sebab itu, renang termasuk pilihan olahraga rutin yang tepat.

3. Menurunkan tekanan darah dan mengendalikan kadar gula darah

Sebuah studi menunjukkan bahwa renang dapat menurunkan tekanan darah dan membantu dalam mengendalikan kadar gula darah.

Bahkan orang yang berenang secara teratur dikatakan memiliki harapan hidup hingga 50% lebih tinggi jika dibandingkan dengan mereka yang jarang bergerak.

4. Membakar kalori dalam tubuh

Jumlah kalori tubuh yang dibakar melalui olahraga renang memang tergantung pada berat badan masing-masing orang, durasi, frekuensi, intensitas, serta jenis gerakan renang yang dilakukan.

Sebagai contoh, orang dengan berat badan 83 kg yang berenang selama 30 menit dikatakan mampu membakar hingga 226 kilo kalori. Luar biasa, bukan?

5. Baik untuk orang yang cedera

Ketika berenang, air akan membantu dalam menopang beban tubuh. Dengan ini, sendi dan tulang pun tidak bekerja terlalu berat.

Misalnya saja bagi orang yang menderita radang sendi atau keseleo, renang termasuk salah satu pilihan olahraga terbaik yang tidak membebani sendi yang sakit atau otot dan ligamen yang cedera.

6. Mengurangi tingkat keparahan penyakit asma

Renang dapat meningkatkan kapasitas paru-paru dan membantu kita dalam mengendalikan sistem pernapasan. Manfaat renang bagi tubuh yang satu ini tentu baik bagi penderita asma.

Meski demikian, bahan disinfektan yang biasanya terdapat dalam air kolam renang dinilai kurang baik untuk para penderita asma. Karena itu, mereka disarankan untuk berhati-hati.

Studi tertentu menemukan bahwa rasa sakit pada penderita multiple sclerosis dapat berkurang jika menjalani program berenang secara rutin selama 20 minggu.

Perbaikan kondisi juga ditemukan pada menurunnya tingkat depresi dan rasa lelah yang berkaitan dengan penyakit ini.

8. Bisa dilakukan oleh para difabel

Para difabel tidak memiliki pilihan aktivitas olahraga sebanyak orang yang normal. Renang merupakan jenis olahraga yang baik untuk dilakukan oleh para difabel.

Selain melatih otot, berenang juga dikatakan dapat meningkatkan kepercayaan diri maupun meningkatkan keterampilan sosial bagi kaum para penyandang cacat.

9. Aman dilakukan saat sedang hamil

Bertambahnya berat badan selama masa kehamilan tak jarang membuat para ibu hamil sering merasa pegal dan nyeri pada bagian otot dan sendi. Jangankan jalan kaki, tidur pun rasanya sulit.

Untuk mengurangi keluhan tersebut, olahraga renang dapat menjadi pilihan yang baik agar ibu hamil tetap sehat.

Manfaat renang bagi tubuh ibu hamil bisa diperoleh berkat air yang membantu dalam menahan beban tubuh ketika ibu hamil sedang berenang.

10. Membantu mengatasi masalah gangguan tidur

Orang yang sering mengalami gangguan tidur insomnia, dapat merasakan manfaat renang bagi tubuh jika melakukannya secara rutin. Berenang dikatakan bisa meningkatkan kualitas tidur mereka.

11. Meningkatkan suasana hati (mood)

Ketika kita berolahraga, tubuh melepaskan hormon endorfin yang akan meningkatkan suasana hati. Termasuk ketika kita berenang.

12. Membantu mengendalikan stres

Berenang dapat membuat tubuh lebih rileks. Dengan ini, perasaan cemas dan stres pun bisa berkurang. Selama berenang, kita juga dapat mengalihkan pikiran dari masalah yang sedang dihadapi.

13. Cocok untuk segala usia

Berapapun usia kita, tidak ada batasan umur untuk belajar berenang. Jadi, tak perlu khawatir jika baru mulai belajar berenang saat sudah tidak muda lagi.

14. Keterampilan yang penting untuk dimiliki

Kita tidak tahu kapan kecelakaan atau musibah akan terjadi. Oleh sebab itu, tidak ada salahnya bila menambahkan kemampuan berenang untuk berjaga-jaga.

15. Tidak membosankan

Renang termasuk olahraga dengan banyak variasi gerakan. Karena itu, berenang tidak akan membosankan.

16. Olahraga yang terjangkau

Kamu tidak harus punya kolam renang di rumah untuk mendapatkan manfaat renang bagi tubuh. Banyak sekali fasilitas kolam renang umum yang bisa menjadi pilihanmu.

Biaya masuk kolam renang yang terbuka untuk umum pun biasanya tergolong tidak mahal. Jadi, kita tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam.

Yang perlu diperhatikan ketika berenang di kolam umum adalah kebersihan dan keamanannya. Untuk berjaga-jaga, kamu bisa mengenakan sandal jepit ketika berjalan di pinggir kolam atau di kamar mandi umum yang tersedia.

Langkah ini akan menghindarkan dari penularan penyakit kulit yang mungkin bersarang di sana.

Bagaimana agar tetap termotivasi untuk berenang?

1. Jadikan renang sebagai sebuah kebiasaan

Sediakan waktu untuk berenang, misalnya di akhir pekan atau sepulang kerja. Buatlah catatan atau agenda dalam ponsel untuk mengingatkan jadwal berenang.

2. Berenang bersama-sama

Jika sudah berkeluarga, kamu bisa mengajak pasangan dan anak-anak untuk ikut berenang bersama. Renang dapat menjadi pilihan aktivitas yang menyenangkan untuk dilakukan bersama keluarga.

Bagi yang masih lajang, kamu dapat mengajak teman-teman dekat untuk berenang bersama. Kamu dapat saling memberikan semangat agar tetap menjalani rutinitas berenang.

3. Mengikuti klub berenang

Dengan bergabung dalam klub renang, kamu akan mendapat banyak teman baru, meningkatkan kemampuan berenang, dan terus termotivasi untuk berolahraga secara teratur.

Dengan mengetahui beragam manfaat renang bagi tubuh di atas, kamu bisa mulai melakukannya kapan saja. Luangkan waktu untuk melakukan olahraga ini agar kesehatan senantiasa terjaga.

https://lifestyle.kompas.com/read/2019/09/10/050500920/16-manfaat-renang-bagi-tubuh-yang-tak-bisa-diremehkan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke