Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Seberapa Cerdaskah Kulkas "Pintar"?

KOMPAS.com - Alat-alat canggih kini menjadi bagian sehari-hari hidup kita. Bukan cuma smartphone, barang rumah tangga pun sekarang memiliki predikat "pintar", termasuk kulkas.

Kulkas pintar pada dasarnya adalah kulkas yang dilengkapi dengan koneksi internet.

Ada bermacam jenis kulkas pintar dengan fitur masing-masing. Namun, secara umum kulkas pintar bisa memberikan informasi tentang dirinya sendiri, misalnya jika pintunya belum tertutup, kamera real-time yang memungkinkan pengguna melihat apa yang ada di kulkas saat sedang belanja ke supermarket.

Kulkas pintar juga bisa memberikan perintah untuk mengatur jadwal harian, terhubung ke kalender, hingga memainkan musik.

Beberapa merk kulkas pintar juga mampu menaikkan atau menurunkan suhunya dengan perintah suara dari ponsel, menyalakan pembuat es, atau memberi informasi barang apa saja yang sudah habis di kulkas.

"Kulkas pintar memang masih memiliki fungsi dasar untuk menjaga makanan tetap dingin, tapi membantu kita lebih mudah mengaturnya," kata Michael Kaufman, penulis teknologi konsumen, seperti dikutip Readers Digest.

Karena kepintarannya itu, kulkas dalam kategori ini dapat membantu kita menghemat biaya listrik, serta memperpanjang daya simpan makanan.

Sebanding dengan harga?

Harga kulkas pintar memang jauh lebih mahal dibanding kulkas biasa. Jika ditanya apakah uang yang kita keluarkan sebanding dengan manfaatnya, hal ini kembali pada kebutuhan masing-masing.

Jika selama ini kamu termasuk orang yang punya sistem pengaturan makanan yang baik, maka mungkin kita tak butuh bantuan kulkas pintar.

Namun, jika fitur-fitur yang ditawarkan tersebut bisa membuat hidup kita lebih mudah, tentu bukan masalah membayar dengan harga lebih mahal untuk kulkas ini.

"Banyak fitur di kulkas pintar yang akan menghemat waktu kita saat sedang terburu-buru di pagi hari, atau kita dengan mudah mengatur kulkas hanya dengan beberapa klik di ponsel," kata pakar keuangan Kimberly Palmer.

Menurut dia, keluarga yang memiliki anak kecil adalah yang paling diuntungkan dengan kulkas jenis ini.

Orang yang sangat mengikuti teknologi juga biasanya akan menyukai kulkas pintar karena bisa terkoneksi dengan gadget lainnya.

https://lifestyle.kompas.com/read/2019/09/11/111013820/seberapa-cerdaskah-kulkas-pintar

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke