Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Mudah Jaga Kesehatan Otak Tanpa Konsumsi Suplemen

KOMPAS.com – Suplemen otak adalah bisnis besar. Pada tahun 2015, pasar suplemen yang secara spesifik menargetkan kesehatna otak bernilai 2.3 miliar dollar. Di tahun 2024, angkanya diprediksi naik 500 persen.

Hal tersebut mengindikasikan betapa orang memperhatikan kesehatan otaknya, tapi dengan cara instan. Dengan suplemen, mereka berharap bisa meningkatkan kemampuan memori, meningkatkan fokus, mengurangi depresi, hingga mencegah demensia.

Dari berbagai jenis suplemen, yang paling populer adalah yang mengandung ginkgo, ginseng, carnitine, minyak ikan, kunyit, hingga CBD oil.

Suplemen adalah produk kesehatan yang regulasinya tidak ketat dan penelitian berkualitas untuk menguji efektivitasnya tidak sebaik riset obat. Dengan kata lain, sebenarnya tidak ada bukti kuat yang menyimpulkan suplemen-suplemen tersebut memang bermanfaat bagi otak.

Jika Anda tidak ingin mengeluarkan uang banyak untuk membeli suplemen otak yang belum tentu efektif itu, masih banyak cara yang bisa dilakukan demi menjaga fungsi otak tetap prima.

1. Pola makan, bukan pil
Penelitian menyebutkan, otak yang sehat terkait erat dengan pola makan yang tinggi sayuran hijau, kacang-kacangan, buah berry, dan ikan berlemak.

Beberapa jenis vitamin dan mineral memang dibutuhkan oleh otak, dan kita bisa memenuhinya dari beragam jenis makanan.

2. Bergerak, berkeringat
Bergerak aktif bukan hanya baik untuk tubuh, tapi juga otak. Penelitian mengungkap, orang yang jarang berolahraga lebih beresiko menderita demensia.

Berolahraga juga akan meningkatkan kerja otak lebih efektif, berapa pun usia kita. Olahraga yang dianjurkan pun tidak harus yang berat, namun aktivitas tanpa pengerahan fisik seperti jalan kaki, yoga, atau tai chi, juga bisa bermanfaat asalkan denyut jantung kita meningkat.

3. Latih otak
Otak kita seperti otot, jika jarang dipakai maka kekuatannya akan pudar. Itu sebabnya, kita harus rjain melatih otak. Misalnya dengan belajar Bahasa baru, mengisi teka-teki silang, atau menyusun puzzle.

4. Punya hewan peliharaan
Hewan kesayangan kita di rumah ternyata juga menyehatkan mental, termasuk menjaga mood tetap stabil. Studi pada anak-anak yang memilihara anjing menemukan, mereka lebih jarang merasa cemas dibanding anak yang tak punya peliharaan.

5. Tidur cukup
Tidur adalah faktor yang sering diremehkan dalam menjaga kesehatan otak. Kurang tidur paling berdampak pada otak. Misalnya saja kita jadi sulit fokus, kemampuan belajar dan kreativitas juga menurun. Jadi, sesibuk apa pun kita usahakan untuk tidur malam yang cukup 7-8 jam.

https://lifestyle.kompas.com/read/2019/09/17/170000120/cara-mudah-jaga-kesehatan-otak-tanpa-konsumsi-suplemen

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke