Salin Artikel

Olahraga Hingga Operasi, Ini Cara Menghilangkan Double Chin

KOMPAS.com - Double chin alias dagu ganda kerap diasosiasikan sebagai salah satu indikator bahwa kamu tengah mengalami kelebihan berat badan.

Tak pelak, banyak orang mencari cara menghilangkan lemak di dagu yang terlihat menggelambir ini, mulai dari gerakan otot, konsumsi makanan tertentu, hingga menjalani prosedur operasi.

Meski demikian, penting untuk diketahui bahwa double chin adalah kondisi umum yang terjadi ketika lapisan lemak terbentuk di bawah dagu.

Double chin memang kerap dihubungkan dengan kegemukan, tapi kamu tidak harus gemuk untuk memiliki lemak di dagu ini.

Faktor genetik dan kulit yang mengendur akibat penuaan juga bisa menjadi penyebab double chin.

Jika kamu ingin menghilangkan lemak yang mengganggu penampilan ini, terdapat beberapa cara menghilangkan double chin yang bisa dilakukan.

Cara menghilangkan double chin dengan latihan ringan

Latihan ringan ini berfokus pada pergerakan sekitar leher dan wajah, serta bertujuan mengurangi lemak di area tersebut.

Meski cara menghilangkan lemak di dagu ini belum terbukti secara ilmiah, tidak ada salahnya kamu coba lakukan secara rutin sekitar 10-15 menit setiap hari.

Sebelum melakukan olahraga ini, penting untuk melakukan pemanasan agar tidak cedera. Caranya, putar kepala searah jarum jam, kemudian lakukan ke arah sebaliknya setelah beberapa saat. Pemanasan yang sama juga bisa dilakukan untuk rahang.

Berikut enam latihan ringan yang termasuk cara menghilangkan lemak di dagu:

Straight jaw jut

Posisikan kepala sehingga pandangan lurus menghadap langit, kemudian dorong rahang bawah sampai kamu merasakan tarikan di area bawah leher. Tahan posisi itu selama 10 detik, kembali rileks, kemudian ulangi gerakan yang sama hingga 10-15 menit.

Latihan dengan bola

Tempatkan bola berukuran kepalan tangan di bawah dagu, kemudian tekan dengan dagu sehingga bola menekan area leher. Tahan selama 10 detik dan ulangi 25 kali setiap hari.

Pucker up

Posisikan kepala sehingga pandangan lurus menghadap langit. Kemudian, majukan bibir seakan sedang mencium sesuatu hingga kamu merasakan ada tarikan di area leher.

Menarik lidah

Pandangan lurus ke depan, kemudian julurkan lidah hingga menyentuh hidung. Tahan posisi itu selama 10 detik, kemudian lepaskan.

Peregangan leher

Posisikan kepala sehingga pandangan lurus menghadap langit. Kemudian, tekan langit-langit mulut menggunakan lidah, tahan 5-10 detik dan lepaskan.

Bottom jaw jut

Posisikan kepala sehingga pandangan lurus menghadap langit, kemudian bengkokkan kepala ke kanan dan majukan rahang bawah hingga otot leher terasa tertarik. Tahan 5-10 detik dan lepaskan. Ulangi proses yang sama dengan kepala bengkok ke kiri.

Selain melakukan latihan ringan, kamu juga bisa menambahkan cara menghilangkan double chin berikut untuk mempercepat hilangnya lemak yang menumpuk.

Salah satu yang dipercaya ampuh ialah menggunakan masker wajah yang mengandung gliserin, kopi, atau teh hijau.

Kandungan ini disebut-sebut bisa mengencangkan kulit, termasuk pada daerah lipatan di bawah dagu.

Cara menghilangkan lemak di dagu lainnya adalah mengatur pola makan dan mengontrol jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh. Cara ini cukup efektif mengatasi double chin akibat kegemukan. 

Kamu juga bisa memperbanyak minum air putih agar tumpukan lemak dapat segera keluar dari tubuh.

Cara menghilangkan double chin dengan operasi

Pada dasarnya, cara menghilangkan lemak di dagu mirip dengan operasi bedah plastik pada umumnya. Terdapat beberapa prosedur yang bisa dipilih untuk menghilangkan double chin, yaitu:

Liposuksi: prosedur ini dilakukan dengan menyayat area di bawah dagu, kemudian dokter akan memasukkan selang untuk menyedot lemak berlebih di bawah dagu. Setelah itu, dokter akan membentuk ulang dagu dan leher sehingga tidak terlihat lagi double chin.

Face-lift: operasi plastik ini bertujuan mengambil lemak sekaligus menghilangkan beberapa area kulit yang mengendur. Face-lift biasanya dilakukan dengan menyuntikkan cairan anestesi total, namun bisa juga dilakukan hanya dengan bius lokal.

Neck-lift: prosedur ini mirip dengan face-lift, namun bisa juga dilakukan untuk mengangkat kulit yang menggelambir dan/atau sekaligus mengencangkan area di bawah leher.

Jika kamu memilih operasi sebagai cara menghilangkan double chin, bersiap-siaplah untuk mengalami memar selama 10-14 hari pascaoperasi.

Jangan lupa untuk selalu bicarakan masalah kesehatan sebelum menjalani operasi plastik ini dengan dokter.

https://lifestyle.kompas.com/read/2019/09/18/090615920/olahraga-hingga-operasi-ini-cara-menghilangkan-double-chin

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.