BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Polytron
Salin Artikel

Para Orangtua, Yuk Mulai Dampingi Anak Anda Nonton Televisi

KOMPAS.com – Ada banyak cara bagi orangtua untuk membantu dan mendampingi tumbuh kembang anak. Prosesnya juga tak melulu sulit, tapi bisa lewat hal-hal sederhana.

Disebutkan dalam buku "The Art of Screen Time: How Your Family Can Balance Digital Media and Real Life," karya Anya Kamenetz, bahwa hal sederhana yang bisa dilakukan seperti memberikan tontonan yang mendidik, dapat bermanfaat bagi anak.

Sebagai informasi, buku tersebut berisi tentang bagaimana menyikapi kemajuan teknologi secara cerdas dalam kehidupan keluarga.

Kamenetz dalam bukunya lagi-lagi menegaskan bahwa televisi pada dasarnya bisa dijadikan media yang punya banyak manfaat. Ia juga memaparkan hal itu lewat contoh-contoh.

“Seperti karakter kartun dalam tayangan televisi, bisa jadi materi edukasi,” kata Kamenetz.

Aktif menemani

Manfaat lain dari menonton televisi juga tak serta merta berhasil. Hasilnya akan terasa maksimal apabila orangtua aktif menemani.

Seorang akademisi dari Universitas Texas bernama Eric Rasmussen yang penelitiannya berfokus pada perilaku fisiologis anak-anak saat menonton televisi membenarkan hal tersebut.

Dalam penelitiannya, Eric bereksperimen dengan mengajak anak menonton sebuah film dokumenter berdurasi 11-12 menit.

Di sana, Eric melakukan pengukuran fisiologis seperti detak jantung dan respons konduktansi kulit terhadap anak saat menonton tayangan itu sendiri maupun menonton bersama orangtuanya.

Hasilnya, anak-anak bisa mendapatkan pelajaran lebih banyak dan pemahaman lebih baik tentang tayangan yang sedang ditonton apabila orangtuanya menemani.

Sederhana bukan? Apalagi cara ini tak harus merogoh kocek dalam-dalam dan banyak menghabiskan energi

Cobalah, sesekali manfaatkan waktu luang. Saat akhir pekan tiba, misalnya, Anda bisa melakukan kegiatan nonton bersama.

Pada waktu-waktu seperti itu, seluruh anggota keluarga biasanya dapat berkumpul dalam waktu yang lama. Inilah waktu yang tepat untuk meluangkan waktu berkualitas sekaligus mendapatkan manfaat dari menonton.

Jangan lupa lakukan beberapa persiapan agar kegiatan menonton jadi lebih berkesan.

Misalnya, dukung dengan fasilitas TV berkualitas baik, seperti Polytron Cinemax Soundbar LED TV.

Produk baru dari Polytron ini tak hanya memberikan Anda dan keluarga kualitas visual yang memanjakan mata, tapi juga kualitas audio yang menggelegar. Ini karena produknya sudah dilengkapi dengan soundbar dan subwoofer.

Lalu cukup tambah Rp 200.000 saja dari pembelian produk LED biasa, konsumen sudah dapat membawa pulang soundbar senilai Rp 1,3 juta.

Penempatan soundbar juga praktis dan tidak memakan tempat.

Tampilan Cinemax Soundbar LED TV tetap futuristik baik diletakan di meja maupun digantung.

Soal daya tahan pun terjamin awet, pengguna dipastikan mendapatkan garansi lima tahun untuk LED TV, soundbar, dan subwoofer.

Melihat ragam fitur yang ditawarkan, bisa dipastikan menikmati tayangan televisi bersama keluarga bisa jadi tambah semarak dan berkesan.

Dengan begitu, manfaat menonton televisi untuk tumbuh kembang anak pun akan jadi lebih maksimal.

https://lifestyle.kompas.com/read/2019/09/27/170852020/para-orangtua-yuk-mulai-dampingi-anak-anda-nonton-televisi

Bagikan artikel ini melalui
Oke