Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mengenal Bahan yang Sering Dipakai sebagai Pencerah Kulit

KOMPAS.com – Produk yang dapat mencerahkan kulit masih menjadi jenis perawatan kulit yang banyak dicari perempuan di Indonesia. Namun, jangan mudah tergiur oleh janji kulit akan cerah dan putih dalam waktu singkat.

Pada dasarnya mencerahkan wajah berarti mengatasi semua masalah-masalah kulit, seperti hiperpigmentasi, melasma (flek hitam di wajah), kulit kusam, dan juga warna kulit tidak merata.

Ada beberapa zat aktif yang sering dipakai di produk skincare yang memang membantu membuat kulit kusam terlihat cerah.

- Hidrokuinon
Dipakai sejak tahun 1982, zat ini memang efektif untuk mengoreksi flek hitam di wajah akibat paparan sinar matahari dan penuaan. Namun, pemakaian dalam jangka panjang bisa berbahaya bagi kulit, bahkan risiko kanker. Itu sebabnya di beberapa negara zat ini sudah dilarang.

Di Indonesia, hidrokuinon bisa dipakai di bawah pengawasan dokter. Sebab, setelah beberapa waktu diperlukan penyesuaian dosis pemakaian.

- Asam kojic
Pada mulanya kojic acid hanyalah hasil sampingan dari proses fermentasi produk minuman khas Jepang, yaitu Sake. Hasil penelitian menunjukkan, zat asam ini cukup efektif untuk mencerahkan kulit karena punya kemampuan menghambat pembentukan pigmen kulit.

Dijelaskan oleh dr.Dhini Indah Nugriaty, Sp.KK, asam kojic juga bermanfaat untuk menghilangkan vlek bekas jerawat, lingkaran gelap di bawah mata, serta warna kulit yang tidak rata.

- Gluthatione
Zat gluthathione juga mampu menghambat pembentukan melanin yang menyebabkan warna kulit lebih gelap.

“Glutathione adalah kunci dalam berbagai perawatan pencerah kulit. Tapi, tidak serta merta dapat memutihkan kulit, karena pada dasarnya warna kulit asli manusia tidak dapat diubah,” kata dokter Dhini.

Keunggulan lainnya adalah meningkatkan kelembaban dan elastisitas kulit, serta membuat kulit terlihat lebih glowing.

- Nano white
Pada dasarnya kandungan ini membantu penetrasi serum dan menguncinya dalam kulit sehingga menghambat melanin yang menyebabkan kulit kusam.

- Vitamin C
Kandungan utama produk pencerah kulit adalah vitamin C yang relatif aman dan efektif mengatasi kulit kusam, kulit terbakar sinar matahari, dan juga memudarkan kedalaman kerutan kulit. Agar efektif, biasanya dosis vitamin C yang dipakai harus tinggi.

https://lifestyle.kompas.com/read/2019/09/27/171800020/mengenal-bahan-yang-sering-dipakai-sebagai-pencerah-kulit

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke