Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Menghilangkan Kantung Mata Secara Alami agar Lebih Percaya Diri

KOMPAS.com - Ketika kamu sering begadang dan kurang tidur, lama-kelamaan akan muncul kantung mata yang terletak persis di bawah mata. Kondisi ini seringkali disertai dengan lingkaran hitam di sekitar mata, yang juga sering disebut sebagai 'mata panda'.

Memiliki kantung mata yang berwarna kehitaman mungkin akan membuat sebagian orang merasa kurang percaya diri.

Untuk mengatasinya, berbagai perawatan dapat dilakukan untuk menghilangkan kantung mata, mulai dari yang murah hingga mengeluarkan biaya yang cukup mahal.

Akan tetapi, ada juga cara menghilangkan kantung mata secara alami sehingga kamu tidak perlu terekspose produk-produk kecantikan yang mahal dan mengandung bahan kimia.

Penyebab munculnya kantung mata

Kantung mata atau pembengkakan di bawah mata sering terjadi seiring bertambahnya usia. Hal ini menyebabkan struktur dan jaringan otot yang menyangga kelopak mata melemah.

Kulit pun mulai melorot, dan lemak yang biasanya terdapat pada area sekitar mata bisa bergerak ke area bawah mata.

Selain itu, cairan bisa menumpuk di ruang bawah mata sehingga memperparah bengkak kantung mata.

Tak hanya karena kurang tidur dan penuaan, munculnya kantung mata dapat disebabkan oleh berbagai hal, seperti:

  • Genetik
  • Alergi eksim
  • Kelelahan kronis
  • Stres
  • Masalah pigmentasi
  • Paparan sinar matahari
  • Menangis
  • Retensi cairan
  • Terlalu banyak mengonsumsi garam
  • Merokok

Munculnya kantung mata jarang merupakan tanda kondisi medis yang serius. Kondisi ini seringkali berkaitan dengan masalah penampilan saja.

Ini dapat membuat seseorang terlihat kelelahan atau lebih tua. Namun, terdapat berbagai cara menghilangkan kantung mata mulai dari alami hingga operasi.

Cara menghilangkan kantung mata secara alami

Berbagai bahan alami dipercaya dapat menghilangkan kantung mata. Menghilangkan kantung mata secara alami memiliki biaya yang murah, dan biasanya minim risiko.

Selain itu, kamu juga dapat dengan mudah melakukannya di rumah. Adapun cara menghilangkan kantung mata secara alami, di antaranya:

Kantung teh

Meletakkan kantung teh pada area mata merupakan salah satu cara menghilangkan kantung mata secara alami.

Kafein yang terkandung di dalamnya dapat mengurangi pembengkakan yang umumnya disebabkan oleh penumpukan cairan di area tersebut.

Rendam dua kantung teh dalam air hangat selama kurang lebih 5 menit. Lalu, letakkan kantung teh pada mata dan tutupi dengan kain. Biarkan selama setengah jam hingga kantong mata mengecil.

Sendok dingin

Sendok dingin dapat membantu mengendurkan pembuluh darah, serta mengurangi pembengkakan di area bawah mata sehingga kantung mata perlahan dapat hilang. 

Kamu hanya memerlukan 4 atau 5 sendok. Lalu, simpan di lemari es selama sekitar setengah jam.

Setelah itu, tempelkan sendok di mata dengan sisi melengkung menghadap ke bawah. Biarkan selama kurang lebih 15-20 menit, agar rasa dingin meresap ke dalam kantung mata. Lakukan sebanyak dua kali sehari untuk mendapat hasil yang baik.

Mentimun

Mentimun dingin merupakan salah satu solusi terbaik untuk menghilangkan kantung mata. Mentimun memiliki efek pendingin yang dapat mengurangi pembengkakan.

Tak hanya membantu menghilangkan kantung mata, mentimun juga mampu mengatasi lingkaran hitam dan kerutan di sekitar mata.

Potong mentimun hingga terbentuk lapisan-lapisan. Simpan lapisan tersebut di lemari es selama 10-15 menit. Lalu, keluarkan dan letakkan dua lapisan pada area mata. Biarkan selama 10-15 menit, dan ulangi beberapa kali dalam sehari.

Lidah buaya

Lidah buaya mengandung vitamin dan antioksidan penting yang dapat mengurangi kantung di bawah mata. Selain itu, tanaman ini juga memiliki efek antipenuaan dan membuat kulit merona. Oleskan gel lidah buaya pada area kantung mata secara perlahan.

Biarkan mengering selama 8-10 menit agar menyerap ke dalam kulit. Lalu, bilas dengan air dingin jika sudah selesai. Ulangi dua kali sehari agar kantung mata bisa segera hilang.

Putih telur

Putih telur merupakan salah satu bahan alami yang umum digunakan untuk menghilangkan kantung mata. Putih telur memiliki sifat mengencangkan kulit yang dapat membantu menghalau kantung mata dan kerutan.

Pisahkan putih telur dari kuning telur ke dalam mangkok. Lalu, kocok putih telur sampai menebal.

Oleskan putih telur pada area kantung mata menggunakan kuas. Biarkan mengering selama 15 menit, lalu cuci dengan bersih menggunakan air hangat. Lakukan sebanyak sekali sehari. Biasanya, hasil akan mulai terlihat dalam beberapa hari.

Baking soda

Baking soda dapat meningkatkan aliran darah dan mengurangi kantung mata. Bahan ini juga dapat membuat kulit mengelupas secara alami hingga memberi cahaya pada kulit bagian bawah mata.

Campurkan 1 sdt baking soda dan 1 gelas air. Lalu, celupkan kapas dan peras hingga lembap. Letakkan pada area mata selama 10-15 menit. Setelah itu, lepaskan dan bilas mata dengan air dingin. Ulangi sekali atau dua kali dalam sehari hingga kantung mata hilang.

Minyak kelapa

Asam laurat yang terkandung dalam minyak kelapa memiliki sifat anti-inflamasi. Selain itu, minyak kelapa juga dapat memberi nutrisi penting pada kulit. Mengaplikasikan minyak kelapa secara teratur dapat membantu menghilangkan kantung mata.

Pijatkan minyak kelapa di sekitar mata menggunakan tangan yang bersih. Gerakan searah jarum jam dan berlawanan arah jarum jam secara bergantian selama beberapa menit.

Biarkan semalaman, lalu bilas keesokan harinya. Lakukan setiap malam sebelum tidur.

Yang perlu diingat adalah, cara-cara menghilangkan kantung mata secara alami ini tidak memiliki hasil yang instan. Perawatan ini memerlukan kesabaran dan keteraturan dari para pelakunya.

Jika cara menghilangkan kantung mata secara alami menimbulkan efek tertentu, seperti iritasi mata, ruam, gatal, atau kemerahan di sekitar mata, segera hentikan penggunaan dan periksakan diri ke dokter.

https://lifestyle.kompas.com/read/2019/09/30/195048020/menghilangkan-kantung-mata-secara-alami-agar-lebih-percaya-diri

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke