Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cerita di Balik Hari Kopi Internasional

Di Indonesia, minum kopi sudah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat. Namun, apakah kamu sudah tahu tentang Hari Kopi Internasional ini?

Hari Kopi Internasional merupakan penanda sejarah panjang dari minuman ini. Biji kopi pertama diduga ditemukan di Ethiopia, Afrika Timur.

Biji kopi sebenarnya adalah lubang yang ditemukan dalam berry atau ceri. Cerita awalnya, seorang penggembala kambing abad ke-9 memerhatikan efek stimulasi biji tersebut pada kambingnya kemudian mulai bereksperimen.

Budaya minum kopi pada awalnya dipopulerkan di Arab sekitar abad ke-15 yang kemudian menyebar ke seluruh Asia, lalu ke Italia dan ke seluruh daratan Eropa, kemudian ke Amerika, hingga akhirnya ke cangkir kopi kita hari ini.

Saat ini, kopi adalah salah satu pertanian terbesar di dunia sehingga penting memertimbangkan membeli kopi yang ditanam secara etis. Pastikan kita bisa selektif dalam membeli secangkir kopi dan mendukung perdagangan etis.

Hari Kopi Internasional disebut merupakan sebuah selebrasi para pecinta kopi di dunia dan mengajak semuanya untuk berbagi cinta mereka terhadap kopi. Caranya adalah dengan mendukung jutaan petani kopi yang kehidupannya bergantung pada industri ini

Tahun ini, Organisasi Kopi Internasional menyoroti kondisi para petani kopi, serta ancaman yang mereka hadapi di kehidupan mereka

Harga secangkir kopi di kafe modern boleh saja mahal, namun harga yang dibayarkan untuk petani kopi memproduksi biji-biji kopi masih sangat rendah.

Hal itu membuat para petani tidak memiliki pendapatan yang cukup untuk kehidupan mereka dan keluarganya.

Bahkan, mereka bisa saja suatu saat meninggalkan dunia produksi kopi, sehingga mengganggu keberlangsungan tren minum kopi.

Jika kamu merasa sebagai salah satu pecinta kopi, nikmatilah kopi hari ini, hirup aromanya, rasakan flavor kopimu yang kuat dan full-body, jangan lupa pula pikirkan cerita di balik kopimu. Namun terpenting, cobalah menikmati kopi lebih dari hari-hari lainnya.

https://lifestyle.kompas.com/read/2019/10/01/114131220/cerita-di-balik-hari-kopi-internasional

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke